Jakarta (ANTARA) - Rumah Indonesia atau La Maison De L’Indonésie (LMDI) akan dibuka secara resmi pada 18 Mei di Paris, Prancis dengan menampilkan warung kopi, toko Indonesia, galeri dan ruang pameran bertema Nusantara.

"Akhirnya Rumah Indonesia (LMDI) di Paris memiliki gedung sendiri secara permanen untuk bisa melakukan kegiatan promosi produk-produk Indonesia secara maksimal," kata LMDI dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Minggu.

Rumah Indonesia berlokasi di Montparnasse, kawasan strategis untuk bisnis dan pariwisata, yang tidak jauh dari stasiun kereta api Montparnasse. Lokasinya juga berada di depan mal baru yang bakal memiliki pujasera terbesar di Eropa dengan luas 6.000 meter persegi.

Setelah direnovasi selama tiga bulan, Rumah Indonesia akan dibuka dengan pemotongan tumpeng dan penampilan tari-tarian tradisional oleh para diaspora Indonesia di Prancis.

Gedung seluas 125 meter persegi itu didekorasi dengan nuansa Indonesia oleh sejumlah artisan berbakat dari Indonesia yang tinggal di Prancis.
Langit-langitnya dihiasi gambar awan bermotif mega mendung.

Ada peta kopi Nusantara yang diukir di atas kayu. Peta itu menunjukkan sejumlah daerah penghasil kopi di Indonesia dan dilengkapi ukiran kayu tentang tiga burung khas Indonesia: elang Jawa, cenderawasih, dan enggang.

Lukisan mural berwarna-warni yang menampilkan budaya, tradisi, flora, dan fauna Indonesia, terpajang di dindingnya.

Rumah Indonesia menjual biji kopi dan produk UMKM Indonesia lainnya, seperti bumbu, rempah, jamu, kecap kelapa, dan teh.

Selain menyuguhkan minuman khas Indonesia, warung kopi Rumah Indonesia juga menawarkan kuliner khas Indonesia seperti nasi uduk, nasi goreng, mi goreng, dan mi ayam. Pengunjung warung bisa mencicipi juga jamu Indonesia yang dibuat dengan cara kekinian.

Rumah Indonesia juga menyediakan gerai Visit Indonesia Tourism Office (VITO) yang dibuat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Barang kerajinan, wastra dan buku tentang Indonesia juga akan dijual di Rumah Indonesia.

Rumah Indonesia juga berencana untuk mengadakan kegiatan seni dan program lain untuk mempromosikan pariwisata dan produk Indonesia di Prancis.

Baca juga: Rumah Indonesia gelar pameran mini produk Indonesia di Paris
Baca juga: Pengusaha Prancis didorong belanja produk kreatif Indonesia
Baca juga: Produk Indonesia dipamerkan di toko Merci Prancis

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022