Jakarta (ANTARA) - Kismis biasa digunakan sebagai tambahan dalam kue, roti hingga salad. Jenis kismis yang banyak dijumpai pun rata-rata kuning tua atau cokelat, namun ada juga yang berwarna hitam dan memiliki hanyak manfaat bagi tubuh.

Kismis hitam berukuran tidak terlalu besar, kulitnya keriput dan berair. Meski demikian, kismis ini memiliki banyak manfaat seperti mengurangi kerontokan rambut, menghilangkan kotoran dari darah, dan mengurangi tekanan darah tinggi hingga mencegah anemia.

"Kismis hitam adalah tambahan yang bagus untuk diet Anda karena mengandung antioksidan alami dan kaya akan zat besi," ujar Dixa Bhavsar, seorang pakar Ayurveda dilansir Indian Express pada Minggu.

Bhavsar merekomendasikan merendam kismis sebelum dikonsumsi karena makanan kering dapat memperburuk masalah lambung.

Menurut Ayurveda atau metode pengobatan tertua di dunia, yang mulai dipraktikan di India sejak ribuan tahun lalu, kismis hitam memiliki sejumlah khasiat kesehatan.

Membantu osteoporosis

Kismis hitam adalah sumber potasium yang kaya. Ini juga mengandung kalsium dalam jumlah tinggi, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Mengurangi uban dan rambut rontok

Kismis hitam tidak hanya kaya akan zat besi tetapi juga mengandung vitamin C dalam jumlah besar. Kismis ini memfasilitasi penyerapan mineral yang cepat dalam tubuh dan juga memberikan nutrisi yang tepat untuk rambut.

Menjaga tekanan darah tetap terkendali

Mengkonsumsi kismis hitam dapat membantu mengontrol tekanan darah karena kandungan kaliumnya mampu mengurangi natrium dalam darah.

Mencegah anemia

Kismis biasanya merupakan sumber yang kaya zat besi dan vitamin B kompleks yang mendorong pertumbuhan sel darah merah. Mengkonsumsi segenggam kismis secara teratur dapat mencegah gejala anemia.

Melawan kolesterol jahat

Bhavsar mengatakan bahwa kismis hitam mengurangi kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam darah. Mengkonsumsi beberapa kismis hitam setiap hari dapat meningkatkan kesehatan jantung yang lebih baik.

Baik untuk kesehatan mulut

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Departemen Makanan dan Gizi AS mengungkapkan bahwa makan kismis dapat melindungi Anda dari gigi berlubang. Menurut peneliti, kismis mengandung lima fitokimia dan antioksidan tanaman termasuk asam oleanolic yang membantu menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi.

Meredakan sembelit

Kismis hitam dikenal karena jumlah serat makanannya yang tinggi. Serat dikenal untuk mengatasi sembelit dan
telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda selama beberapa dekade.

Beberapa manfaat lainnya dari kismis hitam adalah membantu mengurangi kram menstruasi, meningkatkan tingkat energi dan membantu mengurangi keasaman (mulas).

Baca juga: Menu Ramadan - Kue Kelapa Kismis

Baca juga: Empat khasiat yogurt untuk tubuh saat berpuasa

Baca juga: Khasiat air kelapa jaga kesehatan tubuh di tengah lonjakan omicron

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022