Nasir sebagai salah seorang pendiri Iswami, sangat aktif memperkuat hubungan kedua negara, yang terkadang diwarnai riak-riak
Tanjung Selor, Kaltara (ANTARA) - Ketua Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia-Indonesia (Iswami) Indonesia Asro Kamal Rokan menyatakan duka cita mendalam atas wafatnya jurnalis senior Kantor Berita Bernama Malaysia Haji Mohd Nasir bin Yusoff pada Minggu pagi di Kuala Lumpur.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Telah berpulang sahabat baik, Haji Mohd Nasir bin Yusoff, wartawan senior Kantor Berita Bernama, Malaysia, Ahad (8/5) pagi. Almarhum juga adalah salah satu pendiri Iswami. Semoga Allah melapangkan jalannya menuju Jannatun Naim," kata Asro yang juga mantan Pemimpin Umum LKBN ANTARA melalui pesan singkat diterima diTanjung Selor, Minggu.

Asro menuturkan perkenalannya dengan wartawan yang dikenal ramah itu. Pertama bertemu Nasir Yusoff ketika mewawancarai dirinya sebagai Pemimpin Umum LKBN ANTARA pada 2005.

Baca juga: ISWAMI doa bersama daring untuk Mahathir

"Nasir saat itu Kepala Perwakilan Kantor Berita Bernama di Jakarta. Setelah itu kami selalu bertemu di Malaysia maupun di Indonesia. Nasir sebagai salah seorang pendiri Iswami, sangat aktif memperkuat hubungan kedua negara, yang terkadang diwarnai riak-riak," tuturnya.

Sejak 2010 hingga pandemi COVID-19, Nasir hampir tidak pernah absen menghadiri Hari Pers Nasional (HPN) bersama sejumlah wartawan senior Malaysia. Terakhir Nasir hadir HPN 2019 di Surabaya.

"Dua hari lalu, kami saling menanyakan kabar melalui WhatsApp. Dia tertarik dengan konten youtube saya tentang The Highland Park Bogor," kata Asro.

Baca juga: ISWAMI dukung sikap PM Malaysia terkait relasi wartawan RI-Malaysia

“Saya berkeinginan datang dan menginap di sana bersama keluarga, setelah COVID-19 benar-benar berakhir,” ujar Asro mengutip pesan Nasir.

"Itulah komunikasi terakhir kami. Bagi saya, Nasir sangat berjasa dalam membina hubungan baik Malaysia dan Indonesia. Saya berharap Hari Wartawan Malaysia (Hawana) pada 28 Mei 2022 di Malaka nanti, memberi penghargaan kepada Nasir Yussoff sebagai tokoh wartawan yang berjasa mempererat hubungan kedua negara," katanya.

Sebelumnya, berita duka itu disampaikan oleh Datuk Zak, salah seorang wartawan senior dari Negeri Jiran yang juga pengurus Iswami Malaysia melalui WAG (WhattsApp Group).

Baca juga: Direktur Utama BERNAMA pimpin ISWAMI Malaysia

"Salam hormat rakan semua sahabat kita Tuan Hj Nasir Yusof mantan setiausaha Iswami dan wakil Bernama di Jakarta telah meninggal dunia pagi ni di Kuala Lumpur," demikian pesan duka itu.

"Arwah meninggal di Bandara KLIA2 selepas turun dari pesawat sepulang dari kampung halaman isterinya dari Miri, Sarawak jam 5.45 subuh tadi. Jenazah kini di Hospital Serdang. Alfatihah," tulis Datuk Zak.

Baca juga: Kunjungan PM Ismail Sabri perkuat hubungan media

Baca juga: ISWAMI usulkan media center Palestina

Pewarta: Iskandar Zulkarnaen
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022