Cigombong, Jawa Barat (ANTARA) - Pergerakan kendaraan pada masa arus balik Lebaran 2022 di Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) meningkat untuk jalur wisata, dibandingkan pada masa arus mudik.

Manajer Area Tol Ciawi Sukabumi Kiman saat ditemui di Gerbang Tol Cigombong-1, Jawa Barat, mencatat pergerakan kendaraan pada masa arus balik hingga H+4 Lebaran sebanyak 126.017.

Sementara pada arus mudik Lebaran, tercatat 97.310 kendaraan melintas di jalur tol Bocimi.

"Arus balik ternyata lebih tinggi daripada arus mudik, karena disini merupakan arus wisata juga, bukan merupakan jalur utama mudik. Di sini merupakan jalur wisata dan jalur silaturahim," kata Kiman.

Baca juga: One way dan contra flow diterapkan di jalan Tol Jakarta-Cikampek

Kiman mengatakan jumlah tertinggi kendaraan melintasi Tol Bocimi terjadi pada hari kedua Idul Fitri 1443 Hijriah, atau tanggal 3 Mei 2022 yakni 37.588.

Sementara, 92 persen kendaraan atau sebanyak 34.250 kendaraan telah kembali melewati tol Bocimi pada H+1 Lebaran. Sisa kendaraan yang balik tersebar di hari-hari setelahnya.

"Kami sudah memprediksi seperti ruas-ruas yang lain dengan hari ini. Ini juga hari terakhir di minggu ini, ada pergerakan di Bocimi, yang tadinya wisata dan silaturahmi. Nanti siang dan sore mulai ramai," kata Kiman.

Baca juga: KSOP Panjang: Kapal tetap layani pemudik hingga arus balik usai
Baca juga: Arus kendaraan di Pelabuhan Bakauheni H+5 Lebaran terpantau lancar
Baca juga: Penumpang di Bandara Soetta hari ini diprediksi capai 150.473 orang

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022