Lampung Selatan (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Lampung Selatan AKBP Edwin menyebutkan bahwa pada H+4 pada Sabtu (7/5) merupakan puncak arus balik Lebaran 2022 melalui Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak.

"Disampaikan bahwa pada H+4 atau hari Sabtu malam jadi puncak arus balik Lebaran 2022," ujar AKBP Edwin, di Lampung Selatan, Minggu.

Ia mengatakan, tercatat peningkatan pergerakan kendaraan yang ada di Pelabuhan Bakauheni total ada 38.945 unit kendaraan yang menyeberang.

"Pada arus balik kali ini total ada 38.945 unit kendaraan yang menyeberang menggunakan Pelabuhan Bakauheni, ini sudah terlihat bahwa puncak arus balik telah terjadi sejak tadi malam," ucapnya.

Baca juga: Arus kendaraan di Pelabuhan Bakauheni H+5 Lebaran terpantau lancar

Dia melanjutkan, diperkirakan pada hari ini akan tetap banyak pemudik yang melakukan penyeberangan menuju Pulau Jawa.

"Hari ini mungkin sisanya, nanti akan dihitung ulang berapa yang sudah kembali dan yang belum. Dan mungkin saja hari ini tetap akan ada lonjakan penumpang tapi tidak signifikan," tambahnya.

Diketahui pada Sabtu (8/5) malam dengan banyaknya pemudik kendaraan roda dua, dan roda empat yang mengantre untuk memasuki kapal.

Tercatat total yang telah terfasilitasi untuk menyeberang ada 38.945 unit kendaraan, dan 160.143 orang penumpang. Melalui 130 perjalanan dengan 44 unit kapal yang beroperasi.

Baca juga: KSOP Panjang: Kapal tetap layani pemudik hingga arus balik usai
Baca juga: One way dan contra flow diterapkan di jalan Tol Jakarta-Cikampek

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022