Madiun (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur memberangkatkan 15 unit bus yang dipakai sebagai angkutan balik Lebaran 2022 secara gratis melalui program Mudik-Balik Gratis pada Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah dari Kementerian Perhubungan, yang dipimpin oleh Wali Kota Madiun Maidi.

"Kelihatan sekali mereka bahagia dari raut wajahnya, karena akhirnya bisa bertemu dan berkumpul dengan keluarga di Idul Fitri tahun ini setelah pembatasan di masa pandemi dua tahun terakhir. Tidak ada kebahagiaan yang bisa digantikan oleh apapun selain berkumpul dengan keluarga," ujar Wali Kota Maidi saat memberangkatkan bus balik gratis di Terminal Purbaya Kota Madiun, Minggu.

Pihaknya sangat mendukung program tersebut. Menurutnya, program Mudik-Balik Gratis pada Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah dari Kementerian Perhubungan memberikan dampak positif bagi warga yang merantau.

Terdapat sebanyak 450 pemudik asal Madiun dan sekitarnya yang terdaftar untuk diantar balik ke tempat perantauannya secara gratis dalam program tersebut. Adapun kota tujuan dari program tersebut adalah Jakarta dan sekitarnya.

Kasubdit Angkutan Barang dan Angkutan Jalan Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan Alexander Hilmi Perdana mengatakan program Mudik-Balik Gratis tersebut bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan kemacetan di jalan raya. Sehingga, masyarakat yang memanfaatkannya bisa lebih terjamin keamanan dan keselamatannya selama di perjalanan.

Ia mengungkapkan bahwa tingginya kasus kecelakaan lalu lintas adalah dampak dari meningkatnya jumlah kendaraan pribadi yang mencapai 80 persen per tahun dibandingkan kendaraan umum. Karena itu, pihaknya berupaya menyelenggarakan program Mudik Aman dan Mudik Sehat tersebut.

"Mudik dan balik bareng ini kami nilai efektif memberikan keamanan dan kenyamanan peserta perjalanan mudik, karena berdasarkan evaluasi kami di tahun 2019, angka kecelakaan turun hingga 30 persen," kata Alex.

Adapun syarat untuk mengikuti program Mudik-Balik Gratis tersebut di antaranya, disiplin protokol kesehatan selama perjalanan, sudah melakukan vaksinasi COVID-19 minimal dosis pertama, dan dalam satu KK diperbolehkan maksimal empat anggota keluarga.

Baca juga: Giwangan berangkatkan 46 bus mudik gratis tujuan Jakarta
Baca juga: H+4 Lebaran, Jasa Marga catat 1 juta kendaraan kembali ke Jabotabek

 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022