Prioritas pengendara roda 2 karena mereka ini kan perjalanan jauh sebelum sampai ke sini, tapi pengendara roda empat juga tetap kami layani
Lampung Selatan (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Lampung Selatan melakukan pengecekan kesehatan para pemudik terutama pengendara sepeda motor yang akan menyeberang ke Pulau Jawa di Dermaga 2 Pelabuhan Bakauheni, sebelum masuk ke kapal.

"Prioritas pengendara roda 2 karena mereka ini kan perjalanan jauh sebelum sampai ke sini, tapi pengendara roda empat juga tetap kami layani," kata Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin di Lampung Selatan, Minggu.

Ia mengatakan pengecekan kesehatan kepada pemudik tersebut telah dilakukan selama masa mudik dan arus balik. Bahkan di posko pelayanan kesehatan di Dermaga 2 terdapat fasilitas untuk ibu menyusui dan tempat bermain anak.

Baca juga: Pemudik harap Pelabuhan Panjang tetap beroperasi tahun depan

"Harapan kami pemudik tetap sehat dan bisa sampai ke daerah tujuan dengan selamat," kata dia.

Ia mengungkapkan bahwa sejauh ini pihaknya belum mendapatkan laporan pemudik yang pingsan karena kelelahan khususnya pengendara kendaraan roda dua.

"Kalau ada yang kelelahan maka diperiksa, kita bantu kesehatannya kita cek tekanan darahnya kita kasih vitamin agar mereka sehat kembali," ujarnya.

Baca juga: Agen penjual tiket kapal feri mudahkan pemudik arus balik di Bakauheni

Ia pun mengatakan bahwa posko kesehatan di Dermaga 2 Pelabuhan Bakauheni juga dilengkapi dengan mini ICU, tempat tidur, infus dan obat-obatan, oksigen dan mobil ambulans tiga unit.

"Kami juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat untuk mengecek kesehatan pemudik ini. Kalau anggota kami ada enam orang dan dari Dinkes 4 orang, semua bergantian berjaga, hal ini guna mengantisipasi bila diperlukan secara tiba-tiba," ujarnya.

Baca juga: 160.143 pemudik diangkut melalui Pelabuhan Bakauheni di H+4

Baca juga: Kapolres Lampung Selatan sebut H+4 jadi puncak arus balik

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022