Jakarta (ANTARA) - Perusahaan telekomunikasi digital Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) berhasil mempertahankan performa jaringan dalam melayani kebutuhan pelanggan selama masa libur Lebaran 2022.

Pada musim liburan kali ini, IOH mencatatkan pertumbuhan trafik data harian tertinggi dengan kenaikan 27 persen pada tanggal 29 April 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dimana sekitar 97 persen di antaranya dapat terlayani di jaringan 4G.

"Pertumbuhan ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh tim IOH dan mitra kami di lapangan, yang berhasil mengantisipasi dan menjamin ketersediaan layanan bagi seluruh pelanggan," kata President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Perusahaan juga mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 13 persen di masa libur lebaran dibandingkan dengan hari normal tahun ini. Ditunjang dengan data statistik di masa Ramadan dan Lebaran sebelumnya, IOH berhasil mengantisipasi kenaikan trafik data yang signifikan di beberapa kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa seperti Cirebon, Tasikmalaya, Tegal, Madiun, Tuban, Serang, dan Sukabumi. Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya di Lampung, Padang, Pontianak dan Parepare.

Pergerakan mobilitas pelanggan yang dinamis dan peningkatan trafik telekomunikasi juga mampu diantisipasi oleh perusahaan melalui penerapan model operasi digital berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi yang diimplementasikan sejak tahun 2020 lalu.

Tercatat pemakaian layanan mobile gaming mengalami kenaikan sebesar 25 persen, media sosial naik 15 persen, messaging dan video call naik 43 persen, serta streaming video dan musik naik 19 persen dibandingkan dengan hari normal dan lebaran tahun lalu.

YouTube, WhatsApp, Facebook, TikTok, dan Instagram masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan Tri dan IM3 selama masa libur Lebaran tahun ini, termasuk pemakaian aplikasi permainan daring seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire.

Layanan pelanggan melalui berbagai saluran juga memberikan dukungan atas penyelesaian kendala yang dialami pelanggan selama masa liburan. Pelanggan Tri dan IM3 pun sama-sama bisa menikmati pengalaman berkomunikasi yang lancar di jaringan 4G meskipun terjadi tren peningkatan trafik khususnya data, yang diprediksi akan tetap tinggi di masa liburan Lebaran dalam beberapa hari ke depan.

“Sesuai dengan misi perusahaan untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia, kami berharap jaringan terintegrasi dengan dukungan ekosistem digital IOH yang lengkap akan menghadirkan pengalaman digital kelas dunia kepada pelanggan Tri dan IM3 selama masa libur Lebaran tahun ini,” kata Vikram.

Baca juga: Indosat Ooredoo catat pendapatan naik 48 persen pada kuartal I 2022
Baca juga: Indosat dukung UMKM di Mandalika kembangkan usaha
Baca juga: Total pendapatan Indosat Ooredoo 2021 naik 12,4 persen

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022