Terdiri atas 6.500 orang yang ikut (fasilitas) balik gratis, dan yang reguler 3.000-an orang
Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Terpadu Pulo Gebang Jakarta memprediksi jumlah penumpang yang akan tiba di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, hingga Minggu pukul 24.00 WIB mencapai sekitar 9.500 orang.

"Terdiri atas 6.500 orang yang ikut (fasilitas) balik gratis, dan yang reguler 3.000-an orang, jadi (diperkirakan) 9.500-an orang sampai pukul 24.00," kata Kasubbag Tata Usaha UP Terminal Terpadu Pulo Gebang Junaedi saat ditemui ANTARA di Jakarta Timur, Minggu.

Baca juga: 2.920 penumpang arus balik tiba di Terminal Pulo Gebang Jakarta Minggu

Dia merinci hingga H+5 Lebaran 1443 Hijriah atau Minggu pukul 16.00 WIB, tercatat sebanyak 2.920 penumpang telah tiba di Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang arus balik pada Minggu ini, Junaedi mengatakan Terminal Terpadu Pulo Gebang (TTPG) mengerahkan para personel sesuai sif  jaga, menambah petugas kedatangan dan petugas informasi.

Baca juga: 1.764 penumpang tiba di Terminal Pulo Gebang pada H+4

Baca juga: Penumpang di Terminal Pulo Gebang diingatkan untuk awasi barang bawaan


Selain itu pihaknya juga berkoordinasi dengan anggota TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial.

Tak hanya itu, fasilitas juga disiapkan. "Untuk antisipasi arus balik, disiapkan lajurnya (ruang kedatangan). Bila tidak muat, kami siapkan ruang keberangkatan (untuk penumpang kedatangan)," katanya.

Junaedi mengatakan para penumpang arus balik pada Lebaran 2022 ini didominasi dari Wonogiri, Solo, DI Yogyakarta dan Surabaya.

"Sisanya paling dari Semarang, dari Jawa Barat yakni Cirebon," kata Junaedi.

Baca juga: Belum ada lonjakan penumpang arus balik di Pulo Gebang pada H+3

Baca juga: Lonjakan penumpang arus balik Pulo Gebang diprediksi terjadi pada H+5

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022