Bogor, Jabar (ANTARA) - Polresta Bogor Kota, Jawa Barat, mencatat arus balik wisatawan dari arah Cianjur, Puncak dan Sukabumi yang melewati wilayahnya menuju Jakarta meningkat pada Sabtu (7/5) malam dalam dua jam, mencapai 8.400 kendaraan yang didominasi sepeda motor.
 
Kasatlantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria di Kota Bogor, Minggu malam, mengatakan lalu lintas kendaraan di wilayahnya rata-rata dipadati wisatawan dari daerah tetangga.
 
"Terjadi peningkatan arus balik khususnya roda dua dari arah simpang Ciawi, pemudik wisata dari tiga daerah itu, pada jam 19.00 sampai 21.00 WIB," kata Galih.

Baca juga: Terminal Pulo Gebang sediakan fasilitas istirahat bagi pemudik
 
Dia menyebutkan peningkatan jumlah kendaraan yang datang ke Kota Bogor pada Sabtu malam itu, rata-rata 70 kendaraan didominasi sepeda motor per menit.
 
Hal itu terjadi, karena kepadatan kendaraan di Puncak, Kabupaten Bogor pada siang hingga sore hari baru akan terurai sampai ke Kota Bogor petang hingga malam hari.
 
Sebanyak 59 personel kepolisian dibantu 20 personel Dishub dan 20 Satpol PP bersiaga di sepanjang jalur Ciawi hingga Simpang Baranangsiang sejauh 7 kilometer di 17 titik.

Baca juga: Terminal Kalideres sediakan "Andini" antisipasi pemudik kemalaman
 
Penempatan personel berada di Simpang Baranangsiang, Simpang Sambu, Putaran di depan Polsek Bogor Timur, Putaran Mie Gogog Jogya Pak Karso dekat simpang Bantar Kemang, Putaran Apotek Indonesia, Simpang Ekalokasari, Putaran Auto 2000, Simpang Pakuan I, Simpang Pakuan II, Boxies 123 Mall Bogor, simpang Perumahan Royal Residence, Unitex, Simpang Babadak, Gang PD Hasan, Kuntum Farm Field, Ramayana dan Simpang Ciawi.
 
Lewat pukul 21.00 WIB Sabtu (7/5), kata Galih, kondisi lalu lintas sudah kembali ramai lancar hingga pada Minggu (8/5) malam ini.
 
Pantauan ANTARA, pada Minggu (8/5) petang hingga malam, kondisi lalu lintas di Kota Bogor, baik di Jalan Raya Pajajaran hingga Tajur dan Simpang Ciawi ramai lancar.

Baca juga: 9.934 penumpang arus balik melintas di Bandara Syamsudin Noor pada H+4
 
Kendaraan sepeda motor berpelat B dari arah Ciawi melintas Kota Bogor menuju arah Jakarta masih mendominasi.
 
Diketahui, lalu lintas di Jalan Raya Tajur sempat mengalami kemacetan pada H+1 atau Rabu (4/5) karena banyak pengendara motor yang diduga kelelahan dan kehabisan bensin.
 
Kondisi itu yang membuat Polresta Bogor Kota bersiaga menyebar personel di 17 titik sepanjang Simpang Ciawi hingga Simpang Baranangsiang.
 
Namun, situasi lalu lintas tersebut tidak kembali terjadi, mengingat arus balik wisatawan juga sudah mulai berkurang.
 
"Jalur Tajur cukup lancar. Di Kota Bogor kita fokus wisata saja," ujar Galih.

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022