Jakarta (ANTARA) - Malaysia untuk sementara memimpin klasemen perolehan medali SEA Games Hanoi, Vietnam dengan raihan dua emas dan satu perak melalui cabang olahraga akuatik disiplin loncat indah yang berlangsung di My Dình Aquatics Center, Hanoi, Minggu (8/5).

Berdasarkan laman resmi SEA Games 2021, dua emas Negeri Jiran masing-masing disumbangkan Nur Dhabitah Sabri yang turun pada nomor papan 1 meter putri dan sinkronisasi papan 3 meter putra melalui Ooi Tze Liang/Chew Yiwei.

Nur Dhabitah Sabri menjadi peraih emas pertama SEA Games 2021 setelah dari lima kali loncatan mendapat poin tertinggi yakni 290.45.

Sementara perak juga diraih wakil Malaysia Kimberly Bong yang mendapat 230.00 poin. Adapun wakil tuan rumah Ngo Phuong Mai menyabet perunggu dengan 224.00 poin.

Kemudian pada nomor sinkronisasi papan 3 meter putra, Ooi Tze Liang dan Chew Yiwei tampil ciamik dan sukses mendulang 395.79 poin dari total lima kali loncatan. Perak diraih wakil Vietnam Nguyen Tung Duong dan Phoung The Anh dengan 305.64 poin. Adapun perunggu tidak diperebutkan.

Dengan hasil ini, Malaysia telah mendulang dua emas dan satu perak. Sementara tuan rumah di urutan kedua klasemen medali sementara dengan satu perak dan satu perunggu.

SEA Games Vietnam bakal secara resmi dibuka pada 12 Mei. Namun sejumlah atlet dari berbagai cabang olahraga telah berkompetisi sebelum upacara pembukaan.

Bahkan delapan medali emas pada disiplin loncat indah semuanya diperebutkan sebelum pembukaan pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-31 tersebut.

Selain loncat indah, emas yang akan diperebutkan sebelum upacara pembukaan ada pada sejumlah nomor lomba yakni bola tangan pantai, kickboxing, pencak silat, dan dayung.

Baca juga: 499 atlet Indonesia untuk SEA Games Vietnam resmi dikukuhkan
Baca juga: Luhut bakar semangat Lalu Zohri dan kolega jelang SEA Games Vietnam
Baca juga: CdM akan sampaikan keluhan fasilitas latihan sepak bola di Vietnam

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022