Jakarta (ANTARA) - Dallas Mavericks mengimbangi Phoenix Suns 2-2 dalam seri semifinal Wilayah Barat NBA seusai merebut kemenangan 111-101 dalam Gim 4 di American Airlines Center, Texas, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Luka Doncic membukukan 26 poin, 11 assist, dan tujuh rebound, untuk memimpin Mavericks yang mengkonversi 45,5 persen tripoin sepanjang laga, di mana 14 di antaranya dicetak pada dua kuarter awal.

Dorian Finney-Smith menambahkan 24 poin yang seluruhnya ia cetak dari percobaan luar busur, Jalen Brunson memperoleh 18 poin, Darius Berans mendapatkan 12 poin, Maxi Kleber menyumbang 11 poin, dan Spencer Dinwiddie melengkapi dengan 10 poin.

Devin Booker tampil dominan untuk tim tamu dengan meraup 35 poin, Jae Crowder mencetak 15 poin, Deandre Ayton mengemas dwiganda 14 poin dan 11 rebound, serta Cameron Johnson mendapat 11 poin, demikian catatan situs resmi NBA.

Baca juga: Luka Doncic sanjung fan Mavericks seusai tumbangkan Suns
Baca juga: Kejutan pahit ulang tahun ke-37 Chris Paul


Sejak mengambil alih keunggulan sekira tiga menit pertandingan berjalan, Mavericks tak pernah mengizinkan Suns bangkit membalikkan keadaan hingga akhir laga.

Menutup kuarter pertama dengan keunggulan 37-25, Mavericks menjaga marjin 12 poin itu hingga paruh pertama pertandingan berakhir antara lain ditopang 14 tembakan tripoin yang mereka lesakkan.

Upaya Suns untuk mengejar ketertinggalan hanya bisa membuat mereka sedekat empat poin dalam kedudukan 78-82 setelah Booker memanfaatkan dua kesempatan lemparan bebas pada sisa waktu satu menit 17 detik kuarter ketiga, sebelum Mavericks melesakkan lima poin tambahan untuk menutup periode itu dengan keunggulan 87-78.

Mavericks mendapat keuntungan besar sebab bintang gaek Suns, Chris Paul, harus meninggalkan lapangan setelah melakukan pelanggaran keenam pada sisa waktu delapan menit 58 detik kuarter pemungkas.

Mereka tak lagi disibukkan untuk mengawal Paul, yang pergerakannya mampu diredam hanya mencetak lima poin dan mengirim tujuh assist selama 23 menit melantai.

Kemenangan ini menjadi bekal bagi Mavericks yang selanjutnya akan bertandang ke markas Suns di Footprint Center, Arizona, untuk Gim 5 pada Selasa (10/5) waktu setempat sembari memastikan seri akan berlanjut setidaknya hingga Gim 6 yang dijadwalkan berlangsung dua hari kemudian.

Baca juga: Grizzlies kemungkinan tanpa Ja Morant dalam Gim 4 lawan Warriors
Baca juga: Lakers jajaki mantan pelatih Warriors dan eks Trail Blazers

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022