Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Minggu (8/5) mulai dari pemudik diminta untuk menunda perjalanan balik hingga pemberlakuan rekayasa lalu lintas "one way" mulai Tol Semarang ABC hingga Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Pemudik tunda perjalanan balik

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kembali mengimbau masyarakat untuk menunda perjalanan balik pada Minggu karena diprediksi pergerakan kendaraan hari ini sangat padat.

Menhub mengatakan hingga Minggu atau H+5 Lebaran terdapat sekitar 46 persen masyarakat yang belum kembali pada arus balik.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Ekonomi Indonesia baik

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Edy Priyono menilai perekonomian Indonesia dalam kondisi baik, meskipun saat ini situasi global masih bergejolak.

Edy menyampaikan beberapa indikator perekonomian di awal 2022 masih tetap kuat, yang tercermin dari kinerja permintaan positif dan kekuatan produksi.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Pemudik beli tiket tanggal alternatif untuk arus balik

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan bagi masyarakat yang belum memperoleh tiket KA untuk arus balik Lebaran, dapat membeli tiket pada keberangkatan 9 Mei dan seterusnya karena tiketnya masih tersedia cukup banyak.

"Anjuran bepergian di tanggal alternatif ini sesuai arahan pemerintah untuk mengurangi kepadatan pada arus balik Lebaran," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Rekayasa one way tol Semarang hingga tol Japek

Jasa Marga mendukung pemberlakuan rekayasa lalu lintas "one way" mulai dari Jalan Tol Semarang ABC hingga Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

"Atas diskresi Kepolisian, Jasa Marga mendukung pemberlakuan rekayasa lalu lintas one way mulai KM 428 Jalan Tol Semarang ABC sampai dengan KM 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejak Minggu (08/05) pukul 09.00 WIB," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru.

Berita selengkapnya klik di sini

5. 47 persen kendaraan belum balik ke Jabodetabek

Sekitar 47 persen kendaraan yang mudik belum kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang diperkirakan akan terjadi kepadatan arus balik pada hari ini.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun dari Posko Angkutan Lebaran Terpadu tahun 2022, jumlah pergerakan penumpang angkutan umum, pada Sabtu (7/5) atau H+4 kemarin, tercatat sebanyak 1.037.409 penumpang dan menjadi jumlah yang tertinggi sejak H-7 lalu.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022