Jakarta (ANTARA) - Bono dari grup rock U2 dan rekan band The Edge tampil selama 40 menit dalam konser di stasiun metro di ibu kota Ukraina, Kiev Minggu, dan memuji warga Ukraina yang melawan Rusia untuk kebebasan mereka.

"Presiden kalian memimpin dunia dalam hal kebebasan saat ini... Masyarakat Ukraina tak hanya berjuang untuk kebebasan kalian sendiri, kalian berjuang untuk kami semua yang mencintai kebebasan," kata Bono kepada sekitar 100 penonton yang berkumpul di dalam stasiun metro Khreshchatyk. Presiden yang dimaksud Bono adalah Volodymyr Zelenskyy, dikutip dari Reuters pada Senin.

"Saya berterimakasih kepada (Bono, U2) untuk mendukung masyarakat kami dan menarik lebih banyak perhatian untuk menolong rakyat kami," kata Zelenskyy dalam video.

Rusia mulai melakukan invasi ke Ukraina pada 24 Februari. Mereka menyebut aksi tersebut "operasi militer spesial" dan terus melakukan serangan rudal ke Ukraina. Kendati demikian, sebagian orang sudah kembali menjalani hidup seperti biasa di Kiev meski sirene serangan udara rutin berbunyi.

"Malam ini, 8 Mei, serangan akan terdengar di langit Ukraina, tapi pada akhirnya kau akan bebas. Mereka bisa mengambil nyawa kalian, tapi mereka tak bisa mengambil harga diri kalian," katanya.

Baca juga: Bono, Letitia Wright dan Pharrell Williams bergabung di film "Sing 2"

Baca juga: Bono U2 Kampanyekan kesadaran tentang AIDS dengan seniman jalanan

Baca juga: Bono U2 minta legislator AS hentikan pemisahan keluarga imigran

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022