Jakarta (ANTARA) -
PT KAI Daerah Operasi (Daop) I Jakarta mengimbau penumpang kereta untuk menjaga barang bawaan agar tidak tertinggal di stasiun dan dalam kereta saat arus balik Lebaran 2022.
 
"Penumpang datang usai mudik Lebaran 2022 dihimbau agar tidak perlu terburu-buru saat turun dari kereta," kata Kepala Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa ketika dikonfirmasi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin.
 
Dia meminta agar para penumpang memastikan seluruh barang bawaan yang ada di area tempat duduk dan bagasi tidak tertinggal.

Baca juga: 21.310 penumpang KA berangkat dari Daop VI pada 7 Mei
 
Berdasarkan data yang diperolehnya, jumlah barang bawaan milik penumpang yang tertinggal di stasiun dan di dalam kereta sebanyak 120 barang, seperti laptop, koper, tas, telepon seluler, dan lainnya.
 
Dia menyarankan agar penumpang yang balik dari kampung halaman meminimalisir barang bawaan.
 
"Kami menyarankan penumpang sebaiknya saat pulang mudik tidak membawa barang di luar kemampuan dan tidak berlebih," kata Eva.

Baca juga: Minggu ini Jakarta kedatangan 40.900 penumpang kereta api
Baca juga: KAI ingatkan penumpang berhati-hati dengan bawaan saat arus balik
 
Bagi penumpang yang merasa barang bawaannya tertinggal, kata dia, bisa melaporkan kepada petugas keamanan.
 
"Untuk barang yang tertinggal bisa melaporkan kepada petugas keamanan. Karena barang yang tertinggal akan dimasukkan ke dalam pendataan 'lost and found'," katanya.
 
Nantinya, tambah dia, petugas keamanan akan melakukan verifikasi kepada pemilik barang tersebut agar mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022