Bahkan dari pantauan Pos Pengamanan Mergo, arus kendaraan di ruas Karangpucung-perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat terpantau lengang
Cilacap, Jateng (ANTARA) - Kendaraan bernomor nomor lokal atau R (eks Keresidenan Banyumas) mendominasi arus lalu lintas di jalur selatan Jawa Tengah yang melewati Kabupaten Cilacap dan Banyumas pada H+6 Lebaran, Senin (9/5) 2022.

"Kami perkirakan arus balik yang melintas di jalur selatan Jateng, khususnya yang masuk wilayah Kabupaten Cilacap telah habis," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Cilacap Ajun Komisaris Polisi Ris Andrian di Cilacap, Senin.

Bahkan dari pantauan Pos Pengamanan Mergo, kata dia, arus kendaraan di ruas Karangpucung-perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat terpantau lengang.

Menurut dia, arus kendaraan di jalur selatan Jateng khususnya ruas Karangpucung  --batas Jabar dan ruas Buntu-Sampang -- didominasi kendaraan-kendaraan lokal.

"Apalagi hari ini (9/5) merupakan hari pertama masuk kerja setelah cuti bersama dan liburan Lebaran 2022," katanya.

Kondisi serupa juga terjadi di jalur selatan Jateng ruas Tambak-Buntu, Kabupaten Banyumas, maupun ruas Wangon-Ajibarang-Bumiayu yang merupakan jalan penghubung jalur tengah dan jalur selatan Jateng dengan jalur Pantura.

Kepala Satlantas Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas Komisaris Polisi Arie Prayitno mengatakan kendaraan-kendaraan berpelat nomor luar daerah nyaris tidak terlihat melintas di jalur selatan Jateng yang masuk wilayah Banyumas maupun jalan penghubung jalur tengah/selatan dengan jalur Pantura pada masa arus balik H+6 Lebaran 2022.

"Arus balik sudah habis dan saat ini didominasi kendaraan lokal. Kalaupun masih ada kendaraan pemudik dari luar daerah yang daerah yang melintas, paling cuma satu-dua kendaraan saja, tidak sebanyak akhir pekan kemarin," katanya.

Ia mengatakan puncak arus balik di wilayah Banyumas khususnya di ruas Ajibarang-Bumiayu berlangsung pada Sabtu (7/5) malam hingga Minggu (8/5) dini hari.

Menurut dia, volume kendaraan yang memasuki ruas Ajibarang-Bumiayu pada Sabtu (7/5) malam lebih banyak jika dibandingkan dengan Jumat (6/5) malam.

"Kendaraannya lebih ramai dari malam Sabtu (Jumat malam, red.) tapi mengalirnya deras. Jadi pada hari Minggu (8/5), pukul 01.00 WIB, sudah habis, sudah kosong," katanya.

Kendati Operasi Ketupat Candi 2022 berakhir pada hari Senin (9/5), pihaknya tetap melakukan pengamanan seiring dengan adanya operasi kepolisian yang ditingkatkan hingga tanggal 17 Mei 2022, demikian Arie Prayitno.

Baca juga: Arus balik di jalur selatan Jateng ruas Buntu-Sampang padat merayap

Baca juga: Arus balik di ruas Ajibarang-Bumiayu macet

Baca juga: Polisi terapkan rekayasa lalu lintas di jalur selatan Jateng

Baca juga: Arus kendaraan di jalur selatan Jateng ramai lancar

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022