Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) mengerahkan 2.819 personel guna mengamankan pertandingan sepakbola persahabatan antara Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 melawan LA Galaxy.

"Petugas akan menggeledah barang bawaan setiap penonton," kata Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Agung Budi Maryoto di Jakarta, Senin.

Agung mengatakan pihaknya akan menempatkan 15 orang personel dan lima orang dari panitia pada setiap titik termasuk pintu masuk.

Perwira menengah kepolisian itu menuturkan Polda Metro Jaya juga menurunkan petugas pengamanan terhadap tim yang berlaga dan pengatur lalulintas.

Namun Polda Metro Jaya tidak akan memberikan pengamanan khusus terhadap pemain LA Galaxy, termasuk bintang lapangan David Beckham, karena membawa tim pengamanan sendiri.

"Pihak penyelenggara boleh minta pengamanan khusus kepada kita, namun sejauh ini belum ada," ujar Agung.

Selain itu, Agung meminta pihak panitia kegiatan transparan mengenai penjualan tiket, guna mengurangi kericuhan penonton di dalam stadion.

Agung menyatakan panitia kegiatan harus menginformasikan penyebaran jumlah tiket dan waktu pelayanan penjualan tiket di setiap loket, sehingga petugas kepolisian dapat memantau dari segi keamanan.

Berdasarkan prediksi pihak panitia penyelenggara, jumlah penonton akan mencapai 40.000 orang, namun polisi mendesak panitia menyediakan layar besar, karena khawatir kapasitas stadion tidak menampung jumlah penonton yang ingin menyaksikan langsung.

Petugas kepolisian dan panitia pertandingan telah berkoordinasi menghindari peredaran tiket palsu dengan memasang "barcode".

Timnas Indonesia U-23 gabungan tim senior akan menghadapi laga persahabatan dengan LA Galaxy yang dipimpin salah satu pesepakbola terkenal, David Bechkam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (30/11).
(T.T014/R010)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011