Kami memiliki keyakinan penuh terhadap jalur demokrasi dengan karakteristik Hong Kong
Hong Kong (ANTARA) - Kantor Penghubung Pemerintah Rakyat Pusat di Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong pada Minggu (8/5) merilis pernyataan terkait kesuksesan pemilihan kepala eksekutif periode keenam SAR Hong Kong.

Kantor itu juga mengucapkan selamat kepada John Lee atas terpilihnya dia sebagai kepala eksekutif mendatang dengan jumlah suara yang tinggi.

Terpilihnya Lee semakin memperkuat penerapan prinsip "para patriot yang mengelola Hong Kong," dan mendemonstrasikan keuntungan dari sistem elektoral yang baru, sebut kantor penghubung itu, memuji pemilihan tersebut sebagai praktik sukses baru dalam mengembangkan demokrasi dengan karakteristik Hong Kong.

Pemilihan tersebut digelar sesuai dengan undang-undang dan peraturan secara adil, layak, dan tertib, mendemonstrasikan atmosfer yang rasional, bersatu, dan penuh semangat, papar kantor penghubung itu.

Pemilihan itu kembali membuktikan bahwa sistem elektoral yang baru merupakan sistem yang baik dan sesuai dengan prinsip "satu negara, dua sistem" dan cocok untuk realitas di Hong Kong, menurut kantor tersebut.

"Kami memiliki keyakinan penuh terhadap jalur demokrasi dengan karakteristik Hong Kong," kata kantor tersebut.

Kemenangan John Lee dengan jumlah suara yang tinggi merupakan pilihan resmi dari para anggota Komite Pemilihan, dan mewakili kehendak penduduk Hong Kong, sebut kantor itu.

Lima tahun terakhir merupakan periode yang luar biasa bagi praktik "satu negara, dua sistem" di Hong Kong, menurut kantor tersebut.

Kantor penghubung itu menambahkan bahwa tim pemerintahan SAR Hong Kong yang dipimpin Kepala Eksekutif Carrie Lam telah menerapkan pemerintahan berbasis undang-undang di Hong Kong, dan merespons dengan tenang dampak parah yang berasal dari gangguan terhadap amendemen legislatif yang diajukan, serta dari COVID-19 dan perubahan merugikan dari lingkungan eksternal.

Upaya tim tersebut telah membangun fondasi kuat bagi pembangunan Hong Kong di masa depan dan pekerjaan pemerintah SAR Hong Kong yang baru, sebut kantor itu.

Kantor penghubung tersebut mengungkapkan keyakinan terhadap John Lee, berharap dia akan memimpin pemerintah SAR Hong Kong dan rakyat dari semua lapisan masyarakat untuk memulai bab baru demi pembangunan Hong Kong. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022