Arus Balik

Arus balik di Terminal Pulo Gebang diperkirakan hingga 12 Mei

Arus balik di Terminal Pulo Gebang diperkirakan hingga 12 Mei

Para penumpang bus saat arus balik Lebaran 2022 tiba di Terminal Terpadu Pulo Gebang (TTPG), Jakarta Timur pada Senin (9/5/2022). ANTARA/Rizka Khaerunnisa.

Jakarta (ANTARA) - Kepala Satuan Pelaksana Operasional dan Kemitraan Terminal Terpadu Pulo Gebang (TTPG) Jakarta Timur, Hendra Kurniawan memperkirakan pergerakan arus balik di terminal tersebut berlangsung hingga Kamis (12/5) mendatang atau H+9 Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Apalagi ada imbauan dari pemerintah untuk pelaksanaan WFH dan perpanjangan libur anak sekolah, itu kemungkinan untuk arus balik masih tercatat hingga tanggal 12 Mei 2022," kata Hendra saat ditemui ANTARA di TTPG Jakarta Timur, Senin.

Baca juga: Arus balik H+6 Lebaran mulai landai di Terminal Pulo Gebang

Pada Sabtu (7/5), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menyarankan agar pekerja yang mudik Lebaran bisa bekerja dari rumah (work from home/WFH) untuk mengurai kemacetan arus balik.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta juga telah mengeluarkan peraturan perpanjangan masa libur sekolah melalui Surat Edaran Nomor 13504/1.851 tentang Kegiatan Akhir Tahun Pelajaran 2021/2022 yang menyebutkan libur sekolah semua jenjang, baik negeri maupun swasta, berlangsung hingga 11 Mei 2022.

Hendra berpendapat dua kebijakan tersebut kemungkinan akan mempengaruhi tren arus balik di TTPG. Ia juga mengingatkan bahwa hari pertama dan kedua Lebaran (H1 dan H2) bahkan dua hari setelahnya (H+1 dan H+2) masih banyak pemudik yang berangkat dari terminal bus tersebut.

Baca juga: Pemudik tiba larut malam dapat gunakan AMARI gratis ke 6 jurusan

"Itu (lebaran sampai setelah lebaran) masih banyak yang berangkat dari sini karena mungkin alasan mereka untuk menghindari kemacetan," ujarnya.

Berdasarkan tabulasi data TTPG, pada 2-5 Mei atau H1 hingga H+2 Lebaran terjadi tren kenaikan jumlah penumpang keberangkatan. Tercatat sebanyak 917 penumpang berangkat dari TTPG pada H1 Lebaran, kemudian meningkat hingga H+2 Lebaran sebanyak 1.578 penumpang dan menurun pada H+3 sebanyak 917 penumpang.

Adapun kedatangan penumpang arus balik per Senin pada dini hari hingga pukul 14.00 WIB tercatat berjumlah 2.171 orang. Sebelumnya pada Minggu (8/5), pihak pengelola TTPG mencatat jumlah signifikan pemudik yang kembali sebanyak 7.790 orang, termasuk penumpang yang mengikuti program mudik-balik gratis dari Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Terminal Pulo Gebang sediakan fasilitas istirahat bagi pemudik

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar