Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan sekitar 96 persen aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Makassar sudah masuk kerja di hari pertama kerja setelah libur lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Kalau tingkat kehadiran itu 96 persen sesuai data yang kami terima. Selanjutnya, kami akan ikuti arahan dari pemerintah pusat mengenai WFH (work from home), " ujarnya di Makassar, Senin.

Danny -- sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan, sesuai perintah pemerintah pusat ASN akan melakukan kerja dari rumah atau 1WFH terhitung 9 Mei 2022 hingga 31 Mei 2022.

Menurut dia, WFH menjadi salah satu langkah yang diambil pemerintah pusat untuk para pemudik bisa mengisolasi diri dulu setelah bepergian.

"Ini hanya langkah antisipasi saja setelah mudik. Pelayanan dipastikan akan berjalan seperti sebelumnya dan ini juga agar kasus COVID-19 tidak meningkat tajam," katanya.

Baca juga: Bupati Tangerang sidak kehadiran ASN usai libur Lebaran
Baca juga: Wawali Surabaya inspeksi pelayanan publik di hari pertama masuk kerja

Khusus di Makassar, kata Danny, perkembangan COVID-19 terbilang tidak ada peningkatan dan bahkan beberapa hari sebelum lebaran itu masih nihil atau tidak ada kasus penularan.

"Kita selesaikan dulu apel pagi kita konsolidasi diatur bagaimana WFH secara maksimal dan saya menegaskan di apel tadi bahwa work from home itu bukan berarti tidak kerja, bekerja tapi di rumah dan berbarengan, tetap ada yang stand by di balai kota," terangnya.

Tak hanya itu, ia juga menyampaikan akan menyelesaikan berbagai agenda pemkot yang sudah terjadwal hingga Desember mendatang. Seperti pembinaan dan peningkatan spiritual tiap SKPD sesuai dengan agama yang dianut masing-masing.

Ini harus dilaksanakan setiap minggu dengan tujuan agar mental spiritual jajaran Pemerintah Kota Makassar kuat dan tidak mudah terpengaruh untuk melakukan hal-hal yang tidak sesuai aturan. Danny juga akan melakukan pembenahan SDM yang tergabung dalam Laskar pelangi.

"Ini salah satu tugas penting saya pembenahan SDM yang akan kita kategorikan SDM baik ASN maupun laskar pelangi sehingga orang yang malas ada kategori sendiri, ada orang yang berkinerja dan berintegritas buruk ada kategorinya. Dan laskar pelangi dibagi juga ada laskar administrasi, laskar 24 jam," ucapnya.

Usai melakukan apel pagi, Danny pun langsung sidak di setiap ruangan SKPD di balai kota. Seperti Bappeda, Kesbangpol dan bagian umum lainnya.

Sidak ini dilakukan Danny untuk melihat kehadiran para ASN dan honorer di hari pertama kerja usai cuti bersama.

Baca juga: Jaksa Agung beri sanksi pegawai yang tak masuk pada hari pertama kerja

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022