Makassar (ANTARA News) - Jamaah haji asal Provinsi Sulawesi Barat yang masuk dalam rombongan kelompok terbang (kloter) 20 tiba di Debarkasi Sultan Hasanuddin Makassar, Senin (28/11).

"Untuk rombongan jamaah haji asal Provinsi Sulawesi Barat sudah mendarat di Debarkasi Sultan Hasanuddin Makassar Senin siang, meskipun mengalami sedikit penundaan waktu," ujar Hubungan Masyarakat Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasai Sultan Hasanuddin Makassar, Muhammad Tonang, di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan, jamaah haji asal Sulbar yang diterima langsung oleh PPIH Debarkasi Makassar di Aula Musdalifah kemudian diserahkan kembali ke PPIH Provinsi Sulbar sebelum dipulangkan ke kampung halamannya dengan menggunakan kendaraan sewa.

Kepala Bidang Haji, Zakat dan Wakaf, PPIH Provinsi Sulawesi Barat, H. Misbahuddin, mengatakan bahwa usai penerimaan jamaah haji di Aula Muadalifah oleh PPIH Debarkasi Hasanuddin kemudian dilanjutkan dengan pemulangan rombongan haji ke Sulbar dengan menggunakan bus angkutan umum yang disewa PPIH Sulbar.

Ia mengatakan, jika sebelumnya saat akan pemberangkatan ke Arab Saudi dengan melalui Embarkasi Sultan Hasanuddin, para jamaah menggunakan moda transportasi udara yang disewa oleh Pemerintah Provinsi Sulbar menuju Makassar untuk mengefisienkan waktu.

"Pada saat pemberangkatan dari Sulbar ke Makassar, jamaah kami terbangkan dengan pesawat untuk mengefisienkan waktu. Jika menggunakan moda transportasi udara hanya membutuhkan waktu satu jam sedangkan untuk jalur darat menggunakan waktu selama 11 jam lebih," katanya.

Selain itu, jumlah jamaah haji asal Provinsi Sulbar yang tiba dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia Airlines (GIA) dengan nomor penerbangan 1310 sebanyak 358 orang yang terdiri daru 97 orang jamaah laki-laki dan 253 jamaah perempuan.
(T.KR-MH/M019)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011