Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, mulai mengaktifkan kembali pelayanan akademik dan perkuliahan di perguruan tinggi negeri tersebut usai libur Idul Fitri 1443 Hijriah dan cuti bersama tahun 2022.

"Mulai hari ini pelayanan akademik telah dibuka kembali dan aktifitas perkuliahan dinormalkan kembali setelah libur Idul Fitri dan cuti bersama," ucap Rektor UIN Datokarama Palu Prof Sagaf S Pettalongi, dihubungi dari Palu, Senin.

Prof Sagaf memastikan bahwa setiap unit pelayanan akademik di tingkat rektorat dan fakultas mulai Senin telah dibuka kembali untuk melayani mahasiswa.

Baca juga: UIN Palu siapkan layanan pendaftaran mahasiswa baru jalur UMPTKIN

Bahkan, perkuliahan di semua jenjang semester strata satu, dua, dan tiga yang berlangsung di ruang kelas belajar secara tatap muka langsung dan online telah dimulai pada hari yang sama.

"Semua aktifitas pelayanan akademik, kegiatan akademik perkuliahan dan sebagainya dioptimalkan kembali di semua unit di tingkat rektorat dan fakultas, dan pascasarjana," katanya.

Menurut dia, mahasiswa semua program studi di tingkat fakultas dan pascasarjana yang membutuhkan pelayanan akademik dapat mengunjungi langsung unit-unit pelayanan yang ada.

"Semua pegawai tenaga kependidikan mulai hari ini telah masuk kantor, dan beraktifitas sebagaimana biasanya," ujarnya.

Prof Sagaf juga mengimbau kepada dosen agar melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai tenaga pengajar yaitu mengajar mahasiswa sesuai dengan mata kuliah yang diembannya.

Baca juga: Rektor UIN Palu dorong mahasiswa kembangkan bakat olahraga-seni

Kinerja dosen, kata dia, harus sesuai dengan tuntutan tri dharma perguruan tinggi meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, dan wajib diimplementasikan oleh seluruh dosen dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Ia mengatakan dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Hal itu wajib untuk dilaksanakan oleh setiap dosen, termasuk dosen di lingkungan UIN Datokarama Palu, yang selanjutnya akan diikutkan dengan evaluasi kinerja dosen yang diukur dalam beban kerja dosen (BKD).

"Tugas utama dosen adalah melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, pelaksanaan tugas utama dosen ini perlu dievaluasi dan dilaporkan secara periodik sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dosen kepada para pemangku kepentingan," katanya.

Baca juga: UIN Palu bentuk unit kajian dan pengawalan produk halal

Prof Sagaf Pettalongi memimpin apel perdana dan memantau keaktifan ASN di lingkup UIN Datokarama Palu usai libur Idul Fitri dan cuti bersama. Apel pagi perdana itu juga dirangkaikan dengan halalbihalal berlangsung di Halaman Gedung Rektorat UIN Palu.
ASN UIN Palu berjabat tangan dengan Rektor Prof Sagaf Pettalongi dalam halal bi halal, berlangsung di Halaman rektorat UIN Palu, Senin (9/5/2022). (ANTARA/HO-Dok Humas UIN Palu)
Mahasiswa UIN Palu mulai aktif kembali mengikuti perkuliahan di dalam kelas, Senin (9/5/2022). (ANTARA/HO-Dok Dosen UIN Palu Ulil)





 

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022