Ambon (ANTARA) - Kapal Motor Nggapulu milik PT Pelni yang baru tiba dari pelabuhan asal Baubau dan merapat di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon hari ini menurunkan 704 penumpang, sementara yang naik sebanyak 567 orang.

"Kemudian di atas kapal masih terdapat 784 orang yang merupakan penumpang lanjutan tujuan Banda, Tual, Dobo, Kaimana, dan Fakfak," kata Kasie Lalulintas Angkutan Laut KSOP Klas 1 Ambon, Sugiman di Ambon, Senin.

Ia menjelaskan, total penumpang di atas KM Ngapulu ketika berada di Pelabuhan Ambon tercatat 1.351 orang, terdiri dari jumlah penumpang naik ditambah penumpang lanjutan.

Sementara kapasitas angkut KM Ngapulu sebanyak 2.170 orang sehingga masih longgar dari sisi kenyamanan penumpang di atas kapalnya masih terpenuhi.

Baca juga: Belum ada penumpang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada H+6 Lebaran
Baca juga: 2.068 penumpang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok pada H+6

Menurut dia, jumlah arus penumpang pada Bulan April dan pekan pertama Mei 2022 juga tidak mengalami lonjakan signifikan seperti pada bulan sebelumnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan posko pelayanan terpadu di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon relatif berjalan aman, baik, serta lancar.

"Khusus untuk hari Minggu, (8/5) atau H+6 kemarin pada saat arus balik tercatat untuk sementara penumpang turun terbanyak yakni 1.702 orang," ujar Sugiman.

Dikatakan, 1.702 penumpang turun ini dilayani tiga kapal milik PT Pelni dan terbanyak dari Baubau serta Makassar yang merapat di Pelabuhan Yos Sudarso dan satu kapal swasta di Pelabuhan Slamet Riyadi Ambon.

Sementara untuk penumpang naik, baik yang dilayani tiga kapal Pelni dan satu kapal di pelabuhan lokal sebanyak 1.736 orang, dimana kebanyakan penumpang khusus angkutan lebaran ini tujuannya adalah kembali ke Baubau dan Makassar.

Baca juga: ASDP catat penumpang yang bertolak ke Pelabuhan Merak mencapai 36.998
Baca juga: Penumpang arus balik di Pelabuhan Tanjung Pandan capai 398 orang

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022