Bekasi (ANTARA) - Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran 2022 Polres Metro Bekasi Kota di Hypermall Mega Bekasi melaporkan tidak ada kecelakaan fatal selama arus mudik dan arus balik, berdasarkan pantauan di sejumlah rute menuju Jakarta dan Pantai Utara (Pantura).

"Dari pantauan Pospam (selama arus mudik dan balik), kecelakaan yang fatal atau menonjol sampai korban jiwa tidak ada," kata Perwira Pospam Lebaran 2022 di Hypermall Mega Bekasi Ipda Mulyadi saat ditemui di lokasi, Senin.

Mulyadi menyebutkan ada beberapa kasus kecelakaan, yang sebagian besar menyebabkan korban mengalami luka ringan. Namun, sejumah kasus kecelakaan tersebut tidak dialami oleh pemudik, melainkan oleh warga Bekasi.

Polisi dan anggota Dinas Perhubungan yang berjaga di Pospam tetap siaga mengatur lalu lintas untuk mencegah terjadinya kecelakaan, tambahnya. Sejauh ini, katanya, pihaknya mendapat instruksi untuk siaga sampai Senin.

"Sejauh ini (perintahnya) masih sampai Senin pukul 23.59 WIB. Apakah diperpanjang atau cukup (masih menunggu hasil evaluasi)," katanya.

Baca juga: Usai "one way" diterapkan, kendaraan arah Puncak mulai bisa bergerak

Pospam Lebaran 2022 di Hypermall Mega Bekasi, yang berada di Jalan Ahmad Yani, memantau sejumlah jalan yang menjadi akses arus balik untuk kembali ke Jakarta serta akses pengendara dari Jakarta menuju Pantura.

Beberapa rute arus balik yang terpantau di Pospam Lebaran tersebut juga berada di Simpang Unisma, Terminal Bekasi, Simpang Metropolitan Mall, dan Rawa Panjang.

Dari pantauan Pospam sejak Senin pukul 08.00 WIB, lalu lintas arus balik menuju Jakarta dan menuju Pantura telah kembali normal, mengingat volume kendaraan roda dua dan roda empat mengalami penurunan dibandingkan pada puncak arus balik, Sabtu (7/5).

Mulai pukul 08.00 WIB-12.00 WIB, volume arus kendaraan di Jalan Ahmad Yani, Bekasi, yang mengarah ke Jakarta dan menuju Pantura mencapai 5.903 unit, terdiri atas 3.771 motor dan 2.132 kendaraan roda empat.

Baca juga: Kapolda Jabar pastikan arus mudik dan balik berjalan lancar

Sementara itu, volume kendaraan pada Sabtu pukul 08.00 WIB-20.00 WIB mencapai 13.889, yang terdiri atas 9.734 motor dan 4.165 kendaraan roda empat. Selanjutnya, volume kendaraan pada Sabtu (7/5) pukul 20.00 WIB sampai Minggu (8/5) pukul 08.00 mencapai 18.409 unit, yang terdiri atas 10.292 motor dan 8.117 kendaraan roda empat.

Terkait data kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan arus balik, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo, Selasa (3/5), menyebutkan ada 2.945 kecelakaan di jalan tol dan di luar jalan tol. Dari jumlah itu, 51 kecelakaan terjadi di jalan tol dan 2.894 di luar jalan tol.

Dedi menyampaikan terjadi penurunan sebanyak 1 persen dibandingkan dengan jumlah kecelakaan lalu lintas pada periode mudik 2021. Ia menilai itu terjadi karena Pemerintah tahun lalu masih menerapkan larangan mudik.

Sementara itu, Polda Jawa Barat, Senin, mengumumkan 103 kecelakaan terjadi selama periode arus mudik dan balik. Dari jumlah tersebut, 37 orang meninggal dunia, kata Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol. Ibrahim Tompo di Bandung, Senin.

Baca juga: Ridwan Kamil: Puncak arus balik di Jabar terjadi pada Jumat dan Sabtu

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022