bekerja sama dengan Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Barat, Polsek Kalideres
Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Kalideres, Jakarta Barat, memastikan keselamatan dan keamanan para pemudik yang tiba dari berbagai daerah di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera.

“Sebagian besar angkutan yang tiba di Terminal Kalideres ini pada dini hari. Oleh karenanya kami memastikan benar bagaimana keselamatan penumpang yang turun di terminal ini,” ujar Wakil Kepala Terminal Kalideres, Gathut Hendro Wahyono, di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan para pemudik yang tiba di Terminal Kalideres pada malam dan dini hari tidak perlu khawatir, karena pihak pengelola terminal bekerja sama dengan pihak kepolisian dan TNI memastikan keselamatan dan keamanan penumpang.

“Kami bekerja sama dengan Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Barat, Polsek Kalideres hingga TNI sampai Satpol PP serta tenaga kesehatan memastikan keselamatan dan keamanan penumpang,” terang dia.

Baca juga: Jumlah penumpang arus balik Terminal Kalideres mulai alami penurunan

Baca juga: Penumpang keluhkan harga tiket bus yang masih tinggi

Hendro mengatakan pihak keamanan melakukan patroli berkeliling wilayah terminal setiap jamnya. Sebanyak 45 petugas keamanan dilibatkan selama arus balik Lebaran 2022.

“Kami juga menyediakan angkutan dini hari yang membantu pemudik sampai ke rumahnya. Terdapat 20 armada bus Trans Jakarta yang disiapkan setiap malamnya untuk melayani pemudik,” katanya.

Selain itu, pihak terminal juga memastikan sopir yang akan membawa penumpang ke tujuan telah melalui tes kesehatan. Begitu juga dengan kendaraan angkutan, juga telah melalui serangkaian tes kelayakan.

Hendro menambahkan arus balik di Terminal Kalideres pada H+6 Idul Fitri 1443 H mulai mengalami penurunan.

Puncak arus balik di Terminal Kalideres berlangsung pada Ahad (8/5/2022) kemarin, yang mana jumlah bus yang tiba sebanyak 363 yang mengangkut sebanyak 4.197 penumpang. Sementara bus yang berangkat sebanyak 110 yang mengangkut 458 penumpang.

Baca juga: AP I Bandara YIA mencatat masih ada arus balik sebanyak 10.426 orang
Baca juga: Penumpang arus balik Terminal Pulo Gebang Minggu sekitar 9.500 orang

Baca juga: Penumpang arus balik kereta api arah Jakarta di Cirebon masih tinggi

Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022