Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Pendidikan Banda Aceh, Provinsi Aceh, mencatat pelajar tingkat sekolah dasar (SD) di kota setempat yang sudah menjalani vaksinasi COVID-19 mencapai 19.203 orang.

"Untuk capaian vaksinasi pelajar SD sejauh ini sudah mencapai 80,43 persen atau 19.203 orang," kata Kepala Dinas Pendidikan Banda Aceh Sulaiman Bakri, di Banda Aceh, Senin.

Capaian 80,43 persen tersebut, kata Sulaiman, dari total jumlah pelajar tingkat SD di Banda Aceh sebanyak 23.875 orang.

Baca juga: Dinkes: 20.561 anak di Aceh Timur sudah divaksin dosis kedua

Ia mengatakan, jika dilihat dari capaian ini, maka masih ada sekitar 4.672 pelajar atau 19,57 persen yang belum menjalani vaksinasi.

"Salah satu kendala yang belum vaksin itu karena kurangnya dukungan orang tua, meskipun demikian saat ini sudah mulai banyak orang tua yang memahami tentang vaksinasi ini," ujarnya.​​​​​​​

Sulaiman menuturkan, sebenarnya capaian vaksinasi tersebut sudah mencapai lebih kurang 90 persen, namun beberapa waktu lalu terjadi permasalahan pada sistem pencatatan, sehingga ada yang sudah divaksin namun belum tercatat.

Baca juga: Dinkes: 12.344 anak di Lhokseumawe sudah divaksinasi COVID-19

"Kemarin itu ada masalah dengan sistem, sebenarnya kita sudah capai angka 90 persen, anak-anak sudah divaksin tapi tidak terkoneksi dengan sistem, dan sudah kita laporkan ke Satgas," katanya.

Selain pelajar SD, lanjut Sulaiman, pelajar tingkat sekolah menengah pertama (SMP) di Banda Aceh yang sudah divaksin juga cukup tinggi yakni mencapai 8.960 orang atau 81,68 persen dari total sebanyak 10.969 pelajar.

"Untuk pelajar SMP yang belum divaksin sampai hari ini sebanyak 2.009 orang atau 18,32 persen," ujarnya.​​​​​​​

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Banda Aceh capai 113 persen

Ia menambahkan, pelaksanaan vaksinasi terhadap pelajar di Banda Aceh tersebut baru dilakukan sampai dosis pertama hingga kedua, sedangkan untuk dosis ketiga belum dilaksanakan.

"Booster belum kita coba, karena masih kita proses yang ini dulu semuanya hingga mencapai target 90 persen," kata Sulaiman.

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022