Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menilai kemitraan BUMN dengan UMKM sangat penting dalam mendorong UMKM untuk naik kelas.

"Kemitraan BUMN dengan UMKM sangat penting untuk mendorong UMKM dapat tumbuh dan naik kelas," ujar Teten Masduki di Jakarta, Senin (9/5).

Menurut Menkop UKM, hal tersebut sudah diatur mengenai kemitraan usaha besar, termasuk BUMN dengan UMKM, dalam Undang-Undang Cipta Kerja.

"Jadi bukan hanya untuk meningkatkan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri), penyerapan produk ke dalam negeri oleh pemerintah dan BUMN, tetapi juga membuat UMKM menjadi bagian dari rantai pasok kelompok usaha besar termasuk BUMN," kata Teten Masduki.

Teten melihat kemitraan antara BUMN dan UMKM ini merupakan suatu inisiatif yang sangat positif untuk mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa naik kelas.

Sebelumnya Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan apresiasi kepada mitra BUMN baik swasta maupun UMKM yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan bisnis dan operasional BUMN, sehingga BUMN dapat merealisasikan kinerja secara lebih efektif dan efisien.

Apresiasi ini diberikan langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022 yang dihadiri langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022 diselenggarakan untuk mempererat sinergitas BUMN dengan Swasta dan UMKM.

Indonesia, lanjut Erick, sejatinya memiliki kekuatan luar biasa yaitu Sumber Daya Alam dan Pasar yang dapat membantu BUMN, Swasta dan UMKM untuk mendukung pemulihan dan pertumbuhan ekonomi pascapandemi.

Sudah seharusnya ada konsolidasi dimana pemerintah yang sekarang memiliki peta jalan  (roadmap) besar harus dikesinambungkan, tidak hanya peran pemerintah dengan Swasta dan UMKM, tetapi juga peran BUMN dengan Swasta dan UMKM sebagai mitra.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022