Madrid (ANTARA News - Eropa Barat bukan lagi panggung utama perhelatan Formula 1, dan di masa depan hanya akan menjadi tuan rumah untuk lima Grand Prix.

Hal tersebut dikatakan oleh Presiden Formula 1 Management, Bernie Ecclestone.

"Saya pikir dalam beberapa tahun ke depan di Eropa hanya akan tersisa lima balap," kata Ecclestone seperti dikutip harian olahraga Spanyol, Marca.

"Saya pikir Eropa sudah selesai. Itu adalah tempat bagus untuk pariwisata, namun hanya sedikit untuk hal lain. Eropa adalah sesuatu dari masa lalu."

Ia tidak menyebutkan balap di mana saja yang menurutnya akan bertahan, namun mengatakan kalau ia menginginkan jumlah balap selama semusim tetap 20 balap, selagi Formula 1 berekspansi ke Rusia, dan mempertimbangkan beberapa lokasi baru seperti Afrika Selatan dan Meksiko.

"Rusia tentu saja, kami memiliki kontrak disana, untuk balap di Sochi, Rusia Selatan," kata Ecclestone.

"Mungkin Afrika Selatan, Meksiko," imbuhnya.

Jadwal Formula 1 untuk musim 2012 memiliki delapan balap di Eropa, termasuk lima balap klasik - Monako, Inggris, Belgia, Italia, dan Jerman. Tempat lain yang akan menjadi tuan rumah Formula 1 adalah Budapest, Barcelona, dan Valencia.

Prancis, yang memiliki sejarah panjang di dunia otomotif, sudah tidak pernah menggelar Grand Prix sejak 2008.

Ketika ditanyai mengenai status Eropa sebagai `rumah spiritual` bagi Grand Prix, ia menjawab, "Memang seperti itu."

Ia mengatakan kalau dirinya `sangat senang, seperti semua orang` dengan kesuksesan Grand Prix Korea sejak menjadi tuan rumah balap 2010 di sirkuit Yeongam. Tempat lain yang di Asia yang menjadi tuan rumah Grand Prix adalah Shanghai dan Kuala Lumpur.

"Kami tidak pernah berpikir kalau kami akan memiliki Korea di kalender," ucap Ecclestone.

Pada awal bulan, Ecclestone mengatakan kalau Grand Prix perdana di Amerika Serikat, yang dijadwalkan akan berlangsung pada November 2012 di Austin, Texas, kemungkinan akan dibatalkan ketika FIA melakukan pertemuan pada 7 Desember.

"Saya pikir mereka memiliki masalah organisasi internal," ucapnya kepada Marca.

Panitia penyelenggara di AS, mengatakan mereka masih berharap dapat menyelenggarakan Grand Prix di Austin, bahkan jika debut tersebut harus ditunda setahun.

Ecclestone telah menjadwalkan balap Formula 1 lainnya di AS, yakni Grand Prix di New Jersey pada 2013.

Pebalap Australia, Mark Webber, memenangi Grand Prix Brazil di Sao Paulo pada Minggu, pada balap terakhir musim ini. Sementara rekan setimnya di Red Bull, Sebastian Vettel, memenangi gelar juara dunia keduanya.
(H-RFI015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011