Ragam peristiwa di Indonesia terjadi pada Senin (9/5) disiarkan ANTARA dan masih layak anda baca kembali
Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di Indonesia terjadi pada Senin (9/5) disiarkan ANTARA dan masih layak Anda baca kembali untuk informasi pagi ini.

1. Wapres ingatkan gubernur konsisten terapkan reformasi birokrasi

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan para gubernur untuk konsisten dalam menerapkan reformasi birokrasi dan pembenahan manajemen aparatur sipil negara (ASN) guna mewujudkan pelayanan publik berkualitas dan kesejahteraan masyarakat.

"Sekitar 77 persen ASN berada di instansi daerah. Saya harap seluruh daerah di Indonesia terus menerapkan meritokrasi," kata Wapres saat membuka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Kuta, Badung, Senin malam.

Selengkapnya baca di sini

2. Presiden Jokowi beri enam arahan soal COVID-19 dan gejolak ekonomi

Presiden Joko Widodo memberikan enam arahan terkait penanganan pandemi COVID-19 dan gejolak ekonomi global kepada para menteri dalam Sidang Kabinet Paripurna di Jakarta, Senin.

"Saya ingin kita semuanya tetap konsentrasi pada masalah yang berkaitan dengan pandemi dan juga yang berkaitan dengan gejolak ekonomi global, yang sampai saat ini belum berhenti, belum selesai, dan itu menimbulkan ketidakpastian pada ekonomi semua negara," kata Presiden di Istana Negara Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini

3. Ketua MPR apresiasi pengabdian BIN jaga kedaulatan bangsa

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi pengabdian Badan Intelijen Negara (BIN) yang berusia 76 tahun dalam menjaga kedaulatan bangsa melalui tugas dan fungsinya di bidang intelijen, seperti menyajikan informasi dan analisis untuk keperluan operasi militer negara, rencana kontinjensi, serta kebijakan pertahanan negara.

"Selain itu mendeteksi secara dini berbagai bentuk ancaman potensial dan faktual yang dapat mengganggu kedaulatan Indonesia, BIN di bawah kepemimpinan Jenderal (purn) Budi Gunawan juga menjadi bagian dari kekuatan Indonesia dalam mempercepat vaksinasi COVID-19 ke berbagai lapisan kalangan masyarakat," kata Bambang Soesatyo atau Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini

4. Lily Chodidjah Wahid wafat

Lily Chodidjah Wahid binti K.H. A. Wahid Hasyim, yang juga merupakan adik kandung Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), wafat pada Senin (9/5) pukul 16.28 WIB di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin, jenazah Lily Wahid akan disemayamkan di West Covina Blok SH 6/31, Kota Wisata Cibubur, Bogor. Selanjutnya, jenazah akan dimakamkan di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Selasa (10/5).

Selengkapnya baca di sini

5. Pengamat nilai pertemuan Jokowi-Megawati hal positif

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menilai pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri merupakan hal yang positif, mengingat selama ini ada ketegangan antara keduanya.

"Saya melihat hal yang positif pertemuan itu, karena selama ini ada ketegangan-ketegangan antara PDI Perjuangan, Megawati, dengan Jokowi," kata Ujang dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Fauzi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022