Sukabumi (ANTARA News) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional atau BKKBN menggelar posyandu keliling Indonesia khususnya di tiga provinsi yakni Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur dan Maluku Utara.

"Road show posyandu tersebut bertujuan untuk menggairahkan kembali posyandu di Tanah Air," kata Kepala BKKBN Sugiri Syarief saat melakukan road show posyandu di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu.

Sugiri menjelaskan saat ini antusiasme masyarakat Indonesia untuk mendatangi posyandu mulai menurun sehingga perlu dilakukan berbagai upaya untuk mendorongnya kembali.

"Kenapa dipilih Jawa Barat karena merupakan salah satu provinsi dengan jumlah penduduk yang tinggi, sementara Maluku Utara adalah provinsi dengan karakteristik kepulauan dan pemilihan NTT karena merupakan salah satu provinsi dengan pencapaian kesehatan yang masih rendah," katanya.

Sugiri juga mengatakan, fungsi posyandu untuk meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak, menurunkan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi, menanggulangi balita dengan gizi buruk, serta mempercepat terwujudnya keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

"Keberadaan Posyandu telah terbukti mendukung upaya pembangunan kesehatan melalui Revitalisasi Posyandu," katanya. (W004)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011