Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 2.243 penumpang tiba di Terminal Kalideres, Jakarta pada Senin (9/5) atau H+6 Lebaran 1443 Hijriah/2022 Masehi.

"Pada H+6 Lebaran 2022, penumpang tiba di terminal ini sebanyak 2.243 orang dengan 294 armada bus," kata Wakil Kepala Terminal Kalideres Gathut Hendro Wahyono di Jakarta, Selasa.

Hendro mengatakan jumlah penumpang pada H+6 tersebut lebih sedikit dibandingkan dengan H+5 yang mencapai 4.197 penumpang, yang diperkirakan sebagai puncak arus balik di Terminal Kalideres.

Baca juga: Pengelola Terminal Kalideres pastikan keselamatan pemudik

Penumpang yang tiba di terminal tersebut sebagian besar datang dari sejumlah daerah di Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Selain itu, juga datang dari Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pada H+6 Lebaran 2022, kata Hendro, tidak ada penumpukan penumpang yang datang maupun yang berangkat dari terminal tersebut. Pengamanan di terminal juga dilakukan secara terkoordinasi dengan Polda Metrojaya, Polres Jakarta Barat, Polsek Kalideres, Pospol Terminal Kalideres maupun Koramil Kalideres dan Satpol PP, sehingga situasi aman terkendali dan tidak ada tindak kriminal.

"Jadi, alhamdulillah sampai saat ini penumpukan penumpang maupun tindak kriminal nihil," katanya.

Baca juga: Pengelola Terminal Kalideres sebut pemudik patuhi protokol kesehatan

Baca juga: Terminal Kalideres pasang 32 CCTV pantau keamanan


Selain itu, pengamanan di terminal tersebut juga didukung oleh pasukan berseragam dan tidak berseragam yang melakukan patroli setiap 1 jam untuk menjamin keamanan penumpang yang datang pada malam atau dini hari.

Pengelola Terminal Kalideres juga bekerja sama dengan tim kesehatan dari sejumlah Puskesmas di Jakarta Barat untuk memastikan kesehatan penumpang dan sopir yang akan melakukan perjalanan dari terminal tersebut.

"Kami juga didukung oleh tim kesehatan dari Puskesmas Jakarta Barat untuk pemeriksaan kesehatan penumpang dan sopir agar mereka tetap sehat selama di perjalanan," ujarnya.

Pewarta: Katriana
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022