Kalau bisa sampah dipilah saja jangan dibakar
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat mengeluarkan imbauan agar warga tidak membakar sampah saat cuaca panas seperti terjadi di Ibu Kota dalam beberapa hari ke depan.

"Kita imbau untuk mengurangi frekuensi membakar sampah di lingkungan. Kalau bisa sampah dipilah saja jangan dibakar," kata Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Barat, Sjukri Bahanan, saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Menurut Sjukri, membakar sampah dapat menyebabkan api merembet ke bangunan lain melalui perantara dedaunan atau rumput.

Terlebih suhu di Jakarta saat ini cukup panas sehingga menyebabkan rumput dan dedaunan menjadi kering dan mudah terbakar.

"Selain itu beberapa warga kalau bakar sampah langsung ditinggal tidak ditunggu. Lama-lama apinya merembet ke rumput dan ilalang," jelas dia.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau warga agar tidak membuang puntung rokok sembarangan, terutama di atas tumpukan daun atau rumput.

Dia menyoroti fenomena banyaknya pengendara mobil yang membuang puntung rokok ke lahan yang penuh ilalang di pinggir jalan tol.

"Itu kalau asal buang puntung rokok ke pinggir tol bisa terbakar, apa lagi kalau puntungnya masih ada api. Kita imbau untuk lebih berhati-hati," jelas dia.

Sjukri berharap masyarakat bisa mengikuti imbauan tersebut demi terhindar dari musibah kebakaran.

"Kita harap bisa melewati masa panas ini dengan aman dan tidak ada kasus kebakaran," jelas dia.
Baca juga: BPBD DKI imbau warga hemat air antisipasi kemarau
Baca juga: Suhu panas di Jakarta belum bisa dipastikan pengaruhi jumlah kebakaran
Baca juga: Cuaca panas jadi salah satu penyebab kebakaran di Jakarta Barat

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022