Makassar (ANTARA) - Panitia Pelaksana Pusat Universitas Hasanuddin (Unhas) memusatkan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022 di dua lokasi, yakni di Kampus Unhas Tamalanrea dan Kampus Unhas Gowa.

"Tahun ini kita tidak lagi melibatkan mitra-mitra seperti tahun lalu, yakni beberapa SMA, SMK dan kampus swasta. Jadi, tahun ini semua dipusatkan di Kampus Unhas Tamalanrea dan Gowa," kata Kepala Subdit Humas dan Informasi Publik Direktorat Komunikasi Unhas, Ishaq Rahman AMIPR di Makassar, Selasa.

Baca juga: 13.826 peserta ikuti UTBK SBMPTN 2022 di Universitas Jember

Baca juga: LTMPT perpanjang pendaftaran UTBK-SBMPTN hingga 16 April 2022


Keputusan hanya menyiapkan dua lokasi agar semakin mempermudah para peserta ujian menjangkau lokasi. Hal ini juga akan membuat petugas pengawas ujian tidak lagi disebar ke berbagai lokasi seperti tahun sebelumnya.

"Sehingga, untuk Pusat UTBK Unhas kita laksanakan di Kampus Unhas Tamalanrea dan Kampus Unhas Gowa," ujarnya.

Unhas sebagai salah satu Pusat UTBK yang ditunjuk oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada tahun ini akan mengelola ujian bagi 24.756 peserta dengan menggunakan 985 komputer.

Untuk ujian di Kampus Tamalanrea disediakan 780 komputer pada lima lokasi dan Kampus Gowa tersedia 205 komputer di lima lokasi. Panitia UTBK Unhas telah menyiapkan 37 ruangan ujian.

"Khusus untuk pengamanan jalannya ujian, kita akan menerapkan pengawasan berlapis. Kita sudah mengidentifikasi titik-titik mana saja yang potensial terjadinya kecurangan. Sehingga, kita akan mengoptimalkan pemantauan pada titik-titik tersebut,” kata Koordinator Pelaksana Pusat UTBK Unhas Dr Eng Wardi ST M Eng.

Baca juga: Unhas siapkan 75 prodi SBMPTN 2022

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022