Jambi (ANTARA) - Warga Kota Jambi, Provinsi Jambi, melakukan edukasi penggunaan sepeda listrik atau sepeda skutik kepada masyarakat dengan melakukan penyewaan di kawasan Tugu Keris Siginjai.

"Banyak masyarakat yang berminat menyewa sepeda listrik untuk berjalan-jalan santai di kawasan Tugu Keris Siginjai Jambi," kata Penyewa Sepeda Listrik di Jambi Fitrianty Sari di Jambi, Selasa.

Fitrianty menyewakan satu unit sepeda listrik sebesar Rp35 ribu per jam. Dan maksimal durasi penyewaan sepeda listrik tersebut yakni tiga jam.

Fitrianty menjelaskan sebelum di sewakan Ia melakukan pengecasan terhadap sepeda listrik tersebut selama 8-12 jam. Jika digunakan dengan santai maka sepeda listrik tersebut dapat bertahan selama empat, namun jika digunakan dengan kecepatan tinggi dapat bertahan selama tiga jam.

Baca juga: Gesits jajaki Australia dan Filipina untuk perluas pasar ekspor

Baca juga: CAKE hadirkan tiga varian sepeda, sala-satunya ada sepeda listrik


Banyak warga yang berminat menyewa sepeda listrik tersebut karena penggunaannya yang lebih simpel dan sangat cocok digunakan untuk berjalan-jalan santai sembari menikmati suasana kota.

"Pada libur Lebaran kemarin banyak warga yang menyewa sepeda listrik, karena dari segi waktu lebih hemat, hemat tenaga, tidak menimbulkan polusi dan tentunya lebih ramah lingkungan," kata Fitrianty Sari.

Terdapat dua jenis sepeda listrik yang di sewakan oleh Fitrianty, yakni sepeda listrik merk Jarvis tipe 1+, tipe 2+ dan tipe 3+. Kemudian sepeda listrik merk U-Winfly tipe dragonfly dan redfish O.

PLN UP3 Jambi mendorong masyarakat Kota Jambi untuk beralih menggunakan kendaraan listrik. Selain sebagai upaya mendukung program kota pintar (smart city) dan kota hijau (green city) Kota Jambi, penggunaan kendaraan listrik turut membantu program ramah lingkungan yang di kampanyekan oleh pemerintah.

"Penggunaan kendaraan listrik tersebut merupakan suatu terobosan dan konsep ramah lingkungan atau go green yang saat ini tengah gencar di kampanyekan oleh pemerintah," kata Hanfi Adrhean Abidin.

PLN UP3 Jambi tengah berupaya menambah pemasangan stasiun pengisian listrik umum (SPLU) untuk kendaraan listrik umum. Saat ini ada sekitar 20 titik SPLU yang tersebar di Kota Jambi.

Dengan di pasangnya SPLU di beberapa titik lokasi umum diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal kendaraan listrik. serta dapat memanfaatkan fasilitas SPLU tersebut dengan lebih baik.*

Baca juga: Imam Darto mulai naksir sepeda motor listrik

Baca juga: PLN terus tambah SPKLU untuk dukung ekosistem kendaraan listrik

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022