Semangat UMKM di Pantai Jerman tidak patah
Badung (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meninjau kawasan UMKM yang terletak di Pantai Jerman, Kabupaten Badung, Bali setelah sehari sebelumnya membuka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) 2022 di Bali.

Dalam kunjungan itu, menurut Wapres kondisi UMKM di Pantai Jerman, Badung, Bali dinilai sudah mulai menggeliat dan optimistis perekonomian kembali membaik.

"Saya lihat walaupun sudah mengalami tekanan selama beberapa lama, semangat UMKM di Pantai Jerman tidak patah, tadi saya bicara dengan mereka semangatnya masih tinggi," ujar Wapres Ma'ruf Amin dalam keterangan resmi Pemkab Badung yang diterima di Mangupura, Selasa.

Wapres mengatakan, para wisatawan lokal dan mancanegara tak perlu khawatir berwisata ke Bali, karena saat ini situasi pandemi COVID-19 di Pulau Dewata semakin membaik dengan cakupan vaksinasi sudah cukup tinggi.

Ia juga berharap dalam waktu dekat kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia kembali semakin membaik sehingga ekonomi masyarakatnya terus menggeliat.

Baca juga: Wapres apresiasi tingginya semangat pelaku UMKM Bali untuk bangkit

Baca juga: Wapres optimistis pariwisata Bali akan segera pulih kembali


Sementara itu, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta yang turut mendampingi Wapres Ma'ruf Amin menjelaskan, di kawasan Pantai Jerman telah dilakukan penataan kawasan sebagai upaya untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan.

"Pada saat kemarin ada pandemi COVID-19, kami dari Pemerintah Kabupaten Badung sudah memberikan bantuan kepada UMKM yang ada di Badung dan kami pastikan ke depan UMKM ini kita akan berikan lagi bantuan untuk penguatan modal," ungkapnya.

Menurutnya, bantuan tersebut diberikan dalam rangka melindungi eksistensi UMKM sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi daerah di tengah pandemi agar tetap dapat terus menggeliat walau di tengah masa pandemi.

Ia menambahkan, Pemkab Badung memiliki komitmen kuat untuk mendukung UMKM tetap eksis, bagi perajin, bantuan modal tersebut dapat digunakan untuk membeli bahan baku, sementara bagi UMKM yang bergerak di sektor perdagangan, bantuan ini dapat digunakan untuk membeli barang-barang dagangan.

"Salah satu yang telah dilakukan adalah dengan memberikan bantuan permodalan. Untuk memenuhi daripada aspirasi ini atas dasar kesepakatan kita di Bali sesuai dengan arahan Bapak Wakil Presiden dan Bapak Gubernur kami akan lakukan dengan baik. Dan kami sangat siap sepenuhnya untuk memberikan penguatan modal bagi UMKM yang ada di Badung," ujar Giri Prasta.

Seorang pelaku UMKM di Kawasan Pantai Jerman Made Listriani mengungkapkan, dirinya sangat senang dan berterima kasih dengan adanya kunjungan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Kami pelaku UMKM juga akan terus optimis dengan mulai adanya geliat pariwisata lagi dan akan siap untuk maju terus," katanya.

Baca juga: Wapres lepas tukik di Pantai Kuta Bali

Baca juga: Wapres ingatkan gubernur konsisten terapkan reformasi birokrasi

 

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022