Untuk harga, biasanya jual pepes jambal Rp10 ribu satu potong, sekarang Rp12 ribu
Karawang (ANTARA) - Rumah Makan Pepes Jambal H. Dirja Walahar merupakan salah kedai makan legendaris yang tak boleh Anda lewatkan saat berkunjung atau melintasi Karawang. Sesuai namanya, rumah makan tersebut memiliki menu andalan berupa pepes ikan jambal.

ANTARA berkesempatan mencicipi pepes jambal di rumah makan tersebut. Proses pembuatannya tak jauh berbeda seperti pepes pada umumnya, yakni dibungkus daun pisang bersama berbagai macam rempah seperti kunyit, bawang merah, cabai. daun salam, daun serai, dan kemangi.

Bedanya, pepes jambal tidak dikukus melainkan dibakar secara tradisional yakni dengan menggunakan tungku dan kayu bakar.

Pepes jambal memiliki tekstur daging yang empuk. Berbagai macam rempah yang digunakan membuat makanan ini memiliki rasa yang sangat gurih. Maka tak heran, pepes jambal menjadi salah satu menu yang wajib Anda coba saat mampir ke rumah makan itu.

Baca juga: Banyak wisata kuliner bisa dikunjungi saat Lebaran di Surabaya

Kelezatan pepes jambal juga diakui oleh Ilham, salah satu pengunjung yang memesan hidangan tersebut.

"Enak banget rasanya, ikannya itu lembut di mulut, rempah-rempahnya banyak banget. Cocok untuk lidah Indonesia. Harganya juga sangat minimalis banget buat para pemudik yang lewat sini. Sayang banget kalau enggak nyoba," kata dia.

Awalnya pada tahun 1986, H. Dirja yang merupakan pemilik rumah makan yang hanya berjualan ikan jambal. Kemudian pada 1994, dia memulai bisnis pepes jambal dibantu dengan sang istri, Hj. Siti Kurnia.

Sejak saat itu, pepes jambal menjadi favorit masyarakat sekitar karena rasanya yang lezat dan harga yang sangat ramah di kantong. Bahkan menurut Siti, rumah makannya itu juga kerap menerima pesanan pepes jambal hingga ke luar Karawang.
 
Hj. Siti Kurnia, pemilik Rumah Makan Pepes Jambal Bpk. H. Dirja Walahar, Karawang, saat merapikan pepes yang sudah matang di dapur, pada Selasa (10/5/2022) (ANTARA/Suci Nurhaliza)


Baca juga: Lima aneka oleh-oleh camilan khas Cirebon, kerupuk hingga minuman

"Enggak bisa ditentukan berapa. Tapi ya kadang selalu habis, kadang enggak. Satu harinya ya sekwintal mah habis. Untuk harga, biasanya jual pepes jambal Rp10 ribu satu potong, sekarang Rp12 ribu," kata dia.

"Pemesanan paling jauh bisa ke Bekasi, pesan lewat WhatsApp, biasanya buat orang-orang yang mengadakan acara di rumah," ujarnya.

Rumah Makan Pepes Jambal H. Dirja berada di dua lokasi. Pertama di Jalan Bendungan Walahar, Kutapohaci, Kecamatan Ciampel, Karawang Timur dan di Jalan Raya Kosambi 1 Nomor 37, Klari, Karawang Timur.

Selain pepes jambal, rumah makan tersebut juga menyediakan olahan pepes lainnya seperti pepes ikan mas, pepes jamur merang, pepes ayam, pepes tahu, pepes oncom, pepes peda, pepes teri, dan pepes ati ampela. Ada juga menu ayam bakar, ayam goreng, karedok, dan sayur asem.

Baca juga: Warung makan pesisir Majene dipadati pemudik yang kembali pulang

Baca juga: Gurihnya sate jando Gasibu Bandung

Baca juga: Pemudik padati kuliner soto ayam Branggahan Kediri

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022