Kami melihat ini langkah yang dilakukan merupakan respons yang sangat cepat dari Kemenhub dan Polri untuk memperlancar perjalanan mudik Lebaran masyarakat dan ini kami apresiasi
Jakarta (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai Kementerian Perhubungan berhasil menjadikan rangkaian arus serta angkutan mudik dan balik Lebaran 2022 dengan lancar serta aman sehingga perjalanan masyarakat ke kampung halaman berjalan tanpa halangan berarti.

"Kami melihat ini langkah yang dilakukan merupakan respons yang sangat cepat dari Kemenhub dan Polri untuk memperlancar perjalanan mudik Lebaran masyarakat dan ini kami apresiasi," kata Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perhubungan Denon Prawiraatmadja dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Kadin menilai arus mudik tahun 2022 relatif lancar berkat persiapan dan koordinasi seluruh pemangku kepentingan terkait. Tidak hanya itu, pemerintah melalui Kemenhub bersama Polri juga telah membuat sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mencegah kemacetan parah.

Seperti diketahui, ada empat rekayasa lalu lintas yang disiapkan untuk arus mudik tahun ini. Keempatnya adalah sistem satu arah (one way), ganjil genap, arus berlawanan (contra flow), dan pembatasan kendaraan angkutan barang dan tiga sumbu.

Terkait masih adanya kemacetan di sejumlah titik, pihaknya memakluminya sebab hal ini merupakan perjalanan pertama masyarakat dengan jumlah yang sangat besar setelah dua tahun tidak ada mudik. Dimana masyarakat menyambut dengan antusias arus mudik tahun ini.

Denon juga menyebutkan data dari Kementerian Perhubungan jumlah pemudik tahun ini mencapai 85 juta orang, yang 14 juta di antaranya berasal dari pemudik Jabodetabek. Menurut catatan PT Jasa Marga, lalu lintas arus mudik pada tahun ini mencapai 1,7 juta kendaraan yang meninggalkan wilayah Jabodetabek.

"Jumlah ini merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah mudik di tanah air. Meski demikian, Kemenhub bersama Polri berhasil membuat situasi mudik tahun ini relatif lancar dan aman. Dan terkait kekurangan atau hal yang harus diperbaiki, kami menyakini bahwa hal tersebut akan menjadi perhatian dari Kemenhub sebagai bahan evaluasi dan catatan di kemudian hari," katanya.

Dia juga mengapresiasi upaya dari Kemenhub mengurangi kecelakaan di jalan saat perjalanan menuju kampung halaman dengan memfasilitasi mudik gratis ke sejumlah daerah di Pulau Jawa melalui beberapa moda transportasi.

Untuk mudik gratis yang dikoordinir oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Adapun total kuota pemudik baik dari arus mudik dan balik adalah 10.500 pemudik. Sementara, untuk armada pengangkut sepeda motor menyiapkan 34 truk yang dapat mengangkut 1.020 sepeda motor pemudik.

Program Angkutan Sepeda Motor Gratis (Motis) 2022 digelar melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub menyediakan kuota angkutan Motis sebanyak 9.280 unit motor dan 13.800 tempat duduk kereta api khusus bagi para peserta Motis 2022.

"Sedangkan program mudik gratis tersebut total menggunakan dua kapal laut oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dengan kapasitas angkut masing-masing sebanyak 1.250 motor dengan 2.500 penumpang," kata Denon.

Baca juga: Menhub resmi tutup pos koordinasi angkutan Lebaran 2022
Baca juga: Pelindo layani satu juta pemudik pada Lebaran 2022
Baca juga: Menhub minta maaf apabila penyelenggaraan mudik belum penuhi harapan

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022