Lebak (ANTARA) -
Kasus penyebaran COVID-19 di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mendekati zona hijau setelah tersisa satu orang yang masih menjalani isolasi.
 
"Kami optimistis daerah ini terbebas penularan virus corona," kata Jubir Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak dr Firman Rahmatullah di Lebak, Selasa.
 
Pemerintah Kabupaten Lebak juga Satgas COVID-19 tetap waspada terhadap penyebaran virus mematikan.
 
Sebab, sebelumnya masyarakat Kabupaten Lebak sempat nol persen kasus COVID-19 dan masuk zona hijau.

Baca juga: Kasus aktif COVID-19 di Lebak tersisa tujuh orang

Baca juga: Satgas COVID-19: Ibadah Ramadhan di Lebak minta jangan abaikan prokes
 
Namun, kembali lagi dilanda COVID-19 jenis Omicron, sehingga pemerintah daerah menyediakan ruangan isolasi, termasuk di RSUD Adjidarmo Rangkasbitung.
 
Oleh karena itu, pihaknya meminta semua elemen masyarakat disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan terapkan pola hidup sehat dan bersih.
 
Selain itu juga masyarakat kemanapun pergi harus memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan (5M).
 
Selama ini, ujarnya, prokes dan 5M dinilai lebih efektif untuk antisipasi dan pencegahan pandemi itu.
 
Pemerintah Kabupaten Lebak bersama Polri, TNI, BUMN, BIN, Pengusaha, Ormas dan PPNI melaksanakan kegiatan vaksinasi dalam upaya membangun kekebalan komunal (herd immunity) untuk mempercepat penanganan COVID-19 di Tanah Air.
 
"Kami mengapresiasi cakupan vaksinasi dosis satu dan dosis dua di atas 80 persen dari sasaran 1 juta jiwa, namun vaksinasi booster masih relatif kecil," katanya menjelaskan.

Kasus COVID-19 di Kabupaten Lebak sejak dua bulan terakhir terus melandai dan tidak ditemukan kasus penambahan baru.
 
Perkembangan COVID-19 relatif baik, karena setiap hari dilaporkan kasus sembuh setelah menjalani isolasi mandiri maupun isolasi yang disediakan pemerintah daerah.
 
Begitu juga ruangan isolasi RSUD Adjidarmo Rangkasbitung yang menampung pasien COVID-19 banyak yang sembuh hingga 60 tempat tidur untuk pasien corona kosong.
 
"Jika besok satu orang yang tersisa sembuh dan nol persen maka Lebak kembali masuk zona hijau," katanya.
 
Berdasarkan data COVID-19 di Kabupaten Lebak, sampai Selasa ini, tercatat sebanyak 13.928 orang, di mana 13.702 orang dinyatakan sembuh, satu orang isolasi dan 225 orang dilaporkan meninggal dunia.*
   

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022