Ternate (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sultan Baabullah Ternate, Maluku Utara (Malut), meminta masyarakat, terutama di kawasan bantaran kali untuk mewaspadai adanya hujan deras disertai banjir.

"Kami meminta waspadai potensi hujan lebat terutama di wilayah Kabupaten Taliabu, Bobong, Ternate, Tidore pada malam dan dini hari serta potensi angin kencang mencapai 50 km/jam di wilayah Obi, Mangole, Bacan, Kasiruta pada dini hari dan pagi hari esok," kata Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Baabullah Ternate, Fahmi Bachdar di Ternate, Selasa.

Selain itu, pada malam hari umumnya berawan dengan potensi hujan ringan-lebat di wilayah Morotai, Taliabu, Sulabesi, Mangole, Batangdua, Obi dan sekitarnya.

Pada dini hari umumnya berawan dengan potensi hujan ringan-lebat di wilayah Ternate, Tidore, Jailolo, Ibu, Batangdua, Kayoa, Makian, Bacan, Taliabu, Mangole, Sulabesi, Kasiruta, Obi, Morotai, Galela, Tobelo, Wasile, Widi dan sekitarnya dengan angin dari Barat Laut – Utara dengan kecepatan 05 - 60 km/jam.

Baca juga: BMKG: Maluku berpotensi dilanda hujan saat Idul Fitri 1443 H

Baca juga: BMKG: Waspada potensi hujan di sembilan wilayah Maluku


Fahmi menyatakan perlu mewaspadai potensi terjadi gelombang tinggi akibat peningkatan kecepatan angin di wilayah perairan Obi, Perairan Sula, Perairan Bacan, dan sekitarnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, Iksan Hamzah meminta masyarakat di Kota Ternate untuk terus mewaspadai adanya hujan deras disertai angina kencang dalam sepekan ini.

Selain itu, Iksan BMKG telah mengeluarkan rilis terkait dengan kondisi cuaca di wilayah Malut mengalami hujan deras, sehingga masyarakat terutama di kawasan bantaran kali mewaspadai terjadinya longsor dan banjir akibat hujan deras di daerah ini.*

Baca juga: Hujan lebat longsorkan talud penahan jembatan Halong

Baca juga: Hujan deras landa Ambon, listrik padam akibat tertimpa pohon tumbang

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022