Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Selasa (10/5) mulai dari Perum Bulog akan mendistribusikan minyak goreng Rp14.000 hingga Indonesia mengalami penyesuaian pasar setelah suku bunga acuan The Federal Reserve (The Fed) naik.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Distribusi minyak goreng Rp14.000

Perum Bulog akan mendistribusikan minyak goreng dari produsen langsung ke pasar-pasar dengan harga jual di masyarakat sebesar Rp14.000 per liter sebagai upaya pemerintah memastikan ketersediaan minyak goreng murah.

"Penugasan nanti kita dapat pasokan dari produsen, kita ini seperti distributornya yang mengirim minyak goreng itu ke pasar, ke wilayah-wilayah pasar," kata Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Stabilitas stok serta harga jagung dan kedelai

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan pihaknya akan berupaya menstabilkan stok serta harga jagung dan kedelai seperti beras melalui mekanisme cadangan pangan seperti yang sudah dilakukan pada cadangan beras pemerintah (CBP) saat ini.

Budi Waseso mengatakan Bulog telah membuktikan menjaga kestabilan stok dan harga beras dengan tidak melakukan impor beras selama tiga tahun berturut-turut dan saat ini berjalan empat tahun.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Penanganan penyakit mulut dan kuku hewan terkendali

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengunjungi peternak dan posko penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Gresik, Jawa Timur untuk memastikan penanganan penyakit tersebut terkendali secara optimal.

"Saya bersama seluruh Dirjen di Kementan dan Forkopinda beserta Bupati Gresik dan Empat Bupati lainnya hadir di lapangan, ini menandakan apa yang diminta Bapak Presiden agar seluruh kekuatan di pemerintah pusat dan daerah secara serius melakukan penanganan yang maksimal," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Penggunaan rupiah pada kegiatan internasional

Bank Indonesia (BI) menerbitkan ketentuan mengenai kebijakan penggunaan rupiah pada kegiatan internasional melalui Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 24/6/PBI/2022 tentang Kebijakan Penggunaan Rupiah pada Kegiatan Internasional, berlaku efektif pada 27 April 2022.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan kebijakan penggunaan rupiah pada kegiatan internasional dimaksudkan untuk mendukung kegiatan perekonomian nasional.

Berita selengkapnya klik di sini

5. RI alami penyesuaian pasar

Chief Economist & Investment Strategist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Katarina Setiawan menyatakan Indonesia akan mengalami penyesuaian pasar setelah suku bunga acuan The Federal Reserve (The Fed) naik.

“Kami melihat ini lebih merupakan proses penyesuaian pasar dan bukan mencerminkan pelemahan fundamental ekonomi Indonesia,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022