Soal ujian di download dua hari sebelum hari pelaksanaan
Makassar (ANTARA) - Panitia Pelaksana Pusat Unhas menyiapkan antisipasi kendala jaringan internet saat pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022, pada 17-23 Mei mendatang.

Kepala Subdit Humas dan Informasi Publik Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin Ishaq Rahman AMIPR di Makassar, Rabu, mengatakan persoalan kesiapan jaringan internet siap dioptimalkan oleh Direktorat Teknologi Informasi (DTI) Unhas.

Ia menjelaskan, persoalan pengunduhan soal ujian yang sering menjadi kendala khususnya saat dilakukan secara bersama-sama oleh para peserta, pihaknya juga sudah melakukan antisipasi.

Ia mengatakan pengunduhan soal dilakukan secara intranet atau tidak dilakukan pada saat pelaksanaan ujian. Artinya soal ujian diinstal ke jaringan internal sebelum pelaksanaan sehingga pada saat pelaksanaan ujian, tidak lagi tergantung pada jaringan internet.

Baca juga: Universitas Hasannudin pusatkan pelaksanaan UTBK-SBMPTN di dua lokasi

Baca juga: Unhas siapkan 75 prodi SBMPTN 2022


"Jadi sama seperti tahun lalu, soal ujian di download dua hari sebelum hari pelaksanaan dan diinstall ke komputer yang akan digunakan. Kemudian, dua jam sebelum ujian, baru password untuk akses soal didownload. Sehingga keamanan soal ujian terjaga," jelasnya.

Pada pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 ini, Unhas sebagai salah satu Pusat UTBK yang ditunjuk oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan mengelola ujian bagi 24.756 peserta. Panitia telah menyiapkan sebanyak 985 komputer untuk digunakan oleh para peserta

Untuk ujian di lokasi Kampus Tamalanrea disediakan sebanyak 780 komputer pada lima tempat.Sementara untuk ujian di Kampus Gowa tersedia sebanyak 205 komputer pada lima lokasi. Panitia UTBK Unhas telah menyiapkan 37 ruangan ujian.

Baca juga: Unhas sosialisasikan SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri Tahun 2022

Baca juga: 51.800 pendaftar bersaing di SBMPTN Sulselbar

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022