Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah rangkuman berita terkini tentang invasi Rusia di Ukraina.

* Di Mariupol, pasukan Rusia terus menyerang pabrik baja Azovstal, di mana sejumlah petempur Ukraina masih bertahan. Asisten wali kota di kota pelabuhan itu mengatakan sedikitnya 100 warga sipil terperangkap di sana.

* Tentara Ukraina telah merebut kembali permukiman Cherkaski Tyshky, Ruski Tyshki, Borshchova dan Slobozhanske di Kharkiv utara dalam beberapa hari terakhir, menurut juru bicara pasukan Ukraina.

* Gubernur Luhansk Serhiy Gaidai mengatakan wilayahnya diserang 22 kali dalam 24 jam.

Baca juga: Rusia ancam kerahkan nuklir jika NATO terima Swedia, Finlandia

* DPR AS menyetujui tambahan dana bantuan senilai lebih dari 40 miliar dolar (Rp581,42 triliun) bagi Ukraina ketika Kongres berupaya menjaga bantuan militer tetap mengalir ke Kiev.

* Diplomat veteran Bridget Brink, calon duta besar AS untuk Ukraina, diperkirakan akan dengan mudah mengisi posisi penting itu setelah sidang persetujuannya berjalan lancar. Posisi itu telah kosong selama tiga tahun.

* Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengumumkan pembukaan kedutaan Jerman di Kiev dan mengatakan bahwa Ukraina harus menjadi anggota penuh Uni Eropa. Dia menjadi pejabat Jerman tertinggi yang mengunjungi Ukraina sejak invasi Rusia dimulai pada 24 Februari.

* Ribuan warga sipil telah tewas di Ukraina, lebih banyak daripada data resmi 3.381 orang, kata kepala misi pemantauan hak asasi manusia PBB.

* Lebih dari 8 juta orang telah mengungsi di Ukraina sejak awal invasi, kata badan migrasi PBB.

* Saat ditanya apakah Rusia akan mengesampingkan serangan nuklir di Ukraina, menteri luar negerinya mengatakan opsi itu secara jelas diatur dalam doktrin militer Rusia, menurut laporan kantor berita RIA.

Sumber: Reuters

Baca juga: Kabar Ukraina: Dari serangan rudal ke Kiev hingga ancaman nuklir Rusia
Baca juga: Menlu Rusia: Jangan remehkan ancaman perang nuklir

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022