Hai Phong, Vietnam (ANTARA) - Cabang olahraga dayung menambah perolehan medali emas bagi Indonesia pada SEA Games 2021 Vietnam, Rabu, di Hai Phong Canoeing and Rowing Training Center, Vietnam, sekitar 2 jam perjalanan darat dari Hanoi, Rabu.

Pada final hari pertama cabang rowing, Kakan Rusmana dan Ardi Isedi yang tampil pada nomor lightweight man’s double scull menjadi peraih emas pertama Indonesia, diikuti emas berikutnya dari nomor man’s double sculls (M2X) oleh Sulfianto dan Memo.

“Kami tidak menyangka ternyata kami menjadi penyumbang emas pertama untuk Indonesia di SEA Games. Rasanya sangat senang,” kata Kakan selepas lomba di Hai Phong Canoeing and Rowing Training Center.

“Kami memang sudah memprediksi bisa mendapat emas pada dua nomor ini karena kami juga sudah mempelajari dan melihat kekuatan lawan,” timpal pelatih timnas dayung Indonesia M. Hadris.

Baca juga: Ririn/Riska sumbang emas pertama pencak silat

Merah Putih juga mendapatkan dua perak hari ini. Perak pertama berasal dari nomor women’s quadruple sculls (W4X) oleh Putri Agni Anugerah, Annisa Meilani Yahya, Maslin Efrilia dan Dewi Purwanti.

Sementara itu, perak kedua datang dari nomor women’s four (W4-) oleh Syvia Lisdiana, Julianti, Aisah Nabila, dan Chelsea Corputty.

Tim dayung menjadi salah satu kontingen Indonesia yang bertanding lebih awal sejak 9 Mei sebelum upacara pembukaan dimulai 12 Mei esok.

Hasil ini membuat Indonesia telah mengumpulkan 3 emas, 4 perak, dan satu perunggu pada SEA Games Vietnam. Emas juga sebelumnya dipersembahkan oleh Riska Hermawan dan Ririn Rinasih dari pencak silat nomor women’s double.

Baca juga: Dayung sumbang emas pertama bagi Indonesia di SEA Games Vietnam

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022