Makassar (ANTARA) - Wakil Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi Selatan Herman Hading mengharapkan medali emas yang diraih Sulfianto dalam SEA Games Vietnam membanggakan Sulawesi Selatan.

Herman menilai prestasi Sulfianto yang berpasangan dengan Lamemo dari Maluku pada nomor Men's Double Sculls (M2X) 2.000 meter menjadi awal kebangkitan prestasi dan atlet Sulawesi Selatan.

"Suatu prestasiyang perlu diacungi jempol. Prestasi ini sekaligus sebagai kado emas pertama untuk Ketua Umum KONI Sulsel periode 2022-2026 yang baru terpilih," kata Herman di Makassar, Rabu.

Keberhasilan pedayung Sulawesi Selatn itu diharapkan memacu motivasi atlet provinsi ini agar berlatih lebih keras dan mengharumkan nama Sulsel dan Indonesia dalam ajang internasional.

Baca juga: Dayung sumbang emas pertama bagi Indonesia di SEA Games Vietnam

"Semoga menjadi langkah awal pencapaian prestasi terbaik pembinaan cabang olahraga oleh KONI Sulawesi Selatan," sambung dia.

Berduet dengan Malemo, Sulfianto menjadi penyumbang emas kedua Indonesia dalam SEA Games 2021.

Pasangan ini meraih medali emas setelah mengalahkan Thailand, Vietnam, dan Kamboj dalam partai final di Thuy Nguyen Hai Phong Aquatics Center, hari ini.

Sulpianto dan Memo mencatat wkatu 7 menit 22,011 detik, unggul 4 detik dari wakil Thailand yang finis urutan  kedua dengan 7 menit 26,484 detik.

Baca juga: Dayung tambah perolehan emas Indonesia dalam SEA Games Vietnam

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022