sudah ada kekebalan komunal masyarakat di Kota Yogyakarta
Yogyakarta (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Yogyakarta menyebut perkembangan temuan kasus harian di kota tersebut satu pekan usai Lebaran masih cukup terkendali dengan tambahan kasus harian yang terbilang rendah.

“Beberapa hari sempat tidak ada tambahan kasus harian. Jika ada tambahan kasus, maka hanya ada satu atau dua temuan kasus harian saja,” kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Rabu.

Meskipun tambahan kasus harian relatif rendah, namun Heroe mengingatkan masyarakat bahwa pandemi COVID-19 masih belum berakhir dan pemerintah pun tetap meneruskan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk memastikan COVID-19 di Indonesia terkendali.

“Kami akan tetap melihat perkembangan selama satu pekan ke depan. Mudah-mudahan memang tidak ada kenaikan kasus yang signifikan,” katanya.

Baca juga: Pemda DIY masih mencatat enam tambahan kasus positif COVID-19
Baca juga: Cakupan vaksinasi penguat di Yogyakarta mendekati 70 persen

Jika terjadi kenaikan kasus, maka Heroe memastikan seluruh layanan kesehatan siap memberikan pelayanan untuk menangani pasien COVID-19.

“Vaksinasi dosis penguat juga tetap kami lakukan meskipun capaian saat ini sudah cukup baik yaitu 80 persen,” katanya.

Sedangkan capaian untuk vaksinasi dosis satu dan dua di Kota Yogyakarta sudah melebihi target yaitu mencapai 257 persen. “Artinya, sudah ada kekebalan komunal masyarakat di Kota Yogyakarta. Tinggal, bagaimana kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan selama libur Lebaran,” katanya.

Baca juga: Kota Yogyakarta masih harus melaksanakan PPKM Level 3
Baca juga: Yogyakarta evaluasi PTM memungkinkan digelar dengan kapasitas penuh


Heroe yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Yogyakarta mengatakan, kasus COVID-19 yang semakin terkendali akan membantu pemerintah untuk mulai melakukan berbagai upaya pemulihan dan kebangkitan ekonomi.

“Ada banyak kegiatan yang kami rencanakan selama sepekan ke depan. Mulai dari kegiatan pameran perdagangan, seni budaya, dan lainnya,” katanya.

Pada Selasa (10/5), kasus aktif COVID-19 di Kota Yogyakarta tersisa tujuh kasus setelah ada penambahan satu kasus baru dan satu pasien sembuh serta tidak ada pasien meninggal dunia.

Baca juga: Satgas: 23 kabupaten masih menjalankan PPKM level 3
Baca juga: Satgas sebut RI tak lagi berada dalam kondisi kedaruratan COVID-19

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022