Surabaya (ANTARA) - Pengurus dan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Surabaya bangga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dianugerahi gelar profesor kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA), Korea Selatan, Rabu.

"Penganugerahan profesor kehormatan bagi Ibu Megawati adalah momen bersejarah dan membanggakan semua kader," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya Adi Sutarwijono di Surabaya.

Gelar dari SIA Korsel ini menjadi gelar profesor kehormatan yang kedua untuk Megawati. Sebelumnya pada Juni 2021, Megawati menerima gelar profesor kehormatan dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI di Bidang Kepemimpinan Strategik.

Baca juga: Megawati dapat gelar profesor kehormatan tertinggi dari SIA Korsel

Menurut Adi, gelar profesor bidang demokrasi, perdamaian, lingkungan, dan kebudayaan kepada Megawati adalah kebanggaan bagi pengurus, kader, dan simpatisan PDI Perjuangan di Surabaya.

"Banyak kader yang melihat siaran langsung. Kami semua bangga dengan kiprah Ibu Megawati yang terus bekerja untuk demokrasi dan perdamaian termasuk di Semenanjung Korea," ujar Ad, yang juga Ketua DPRD Kota Surabaya.

Adi mengatakan penganugerahan gelar itu menjadi bukti pengakuan publik internasional kepada dedikasi Megawati. Sepanjang hidupnya, kata dia, Presiden Ke-5 Republik Indonesia itu mendedikasikan diri pada kepentingan kemanusiaan.

Baca juga: Presiden Korea Selatan dan Megawati gelar pertemuan

"Ibu Megawati mempunyai keyakinan teguh bahwa seluruh umat dan seluruh bangsa harus hidup dalam rasa persaudaraan yang tangguh dan bersama-sama mewujudkan dunia yang penuh nilai-nilai kemanusiaan," ujar Adi.

Hal sama juga dikatakan Ketua PAC PDI Perjuangan Sukomanunggal Triyarso. Dia tidak melewatkan momen penting itu dengan menonton penganugerahan gelar dari institusi pendidikan bergengsi di Korsel tersebut melalui siaran langsung YouTube.

"Saya bangga mempunyai pimpinan Ibu Megawati Soekarnoputri yang sangat dihormati negara-negara lain, dan banyak gelar yang diterima. Cerdas, tegas, dan pintar. Semoga Ibu Ketua Umum PDI Perjuangan panjang umur, sehat selalu, dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT," kata Triyarso.

Baca juga: Megawati hadiri jamuan makan malam Presiden Korsel

Kader perempuan PDIP Siti Indarti yang menjabat Sekretaris PAC PDI Perjuangan Rungkut Surabaya spontan men-"share" ke grup internal kader PDIP, tentang poster siaran langsung penganugerahan profesor kehormatan bagi Megawati Soekarnoputri.

"Sebagai kader perempuan, saya bangga pada Ibu Megawati Soekarnoputri. Ini menjadi teladan bagi kader-kader perempuan untuk mempersembahkan kerja-kerja kerasnya bagi bangsa dan negara, Indonesia Raya. Bahkan bagi perdamaian dunia," kata Siti Indarti.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022