Badung (ANTARA) - Tingkat okupansi atau hunian di kawasan The Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali tercatat mencapai 69 persen selama periode libur Lebaran tahun 2022.

Tingkat okupansi di kawasan yang dikelola oleh BUMN PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) itu meningkat signifikan dibanding tingkat hunian periode libur lebaran tahun lalu yang hanya sebesar 11,14 persen.

"Tingkat okupansi kawasan selama periode libur Lebaran tahun 2022 menunjukkan peningkatan yang signifikan didorong oleh kunjungan wisatawan domestik dan kebijakan pelonggaran mobilitas," ujar Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita di Badung, Rabu.

Ia mengatakan, pada periode itu terdapat 13 hotel yang mencapai okupansi di atas angka 50 persen dengan empat hotel diantaranya mencapai okupansi di atas 80 persen yang didominasi oleh wisatawan domestik.

Baca juga: Smesco gelar "Telkomsel Pasar Nusa Dua" untuk dukung sektor UKM

Menurut Ngurah Ardita, selain adanya penawaran menarik dari tenant yang ada di kawasan The Nusa Dua selama periode libur Lebaran, pihaknya yakin pengelolaan kawasan dan hotel yang berbasis pada protokol kesehatan juga menjadi faktor yang mendorong kepercayaan publik untuk berlibur.

"Kami harapkan momentum peningkatan ini dapat terus terjaga seiring dengan semakin membaiknya kondisi pandemi COVID-19 serta meningkatnya kegiatan kepariwisataan yang akan berlangsung di Bali khususnya di kawasan The Nusa Dua," katanya.

Ia mengungkapkan, selama triwulan I tahun 2022, tingkat hunian rata-rata The Nusa Dua telah tumbuh 182 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2021.

Baca juga: Presiden Jokowi bersama cucu menikmati Pantai Nusa Dua Bali

Tingkat hunian rata-rata selama Januari – Maret 2022 mencapai 21,23 persen naik dari tingkat hunian rata-rata sebesar 7,53 persen selama Januari-Maret 2021. Sementara tingkat hunian rata-rata pada
April 2022 mencapai 27,30 persen naik dari 9,58 persen pada April 2021.

Dalam beberapa bulan ke depan, beberapa event juga dijadwalkan akan dilaksanakan di kawasan The Nusa Dua seperti Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) pada 23-28 Mei 2022, Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) 2022 pada bulan Juni 2022 serta rangkaian event KTT G20 pada akhir tahun 2022.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022