Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi mengatakan hubungan Indonesia dan Jepang telah merambah ke lebih banyak sektor di luar ekonomi sehingga menguntungkan kedua negara dalam menghadapi tantangan global bersama.

“Kita telah memperdalam dan memperluas hubungan kita sampai pada hubungan politik dan keamanan yang amat penting untuk menghadapi tantangan global bersama,” kata Kanasugi dalam wawancara International Corner dengan ANTARA di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan hubungan yang telah terjalin menguntungkan bagi kemajuan kedua negara.

“Sejak Indonesia dan Jepang menjalin hubungan diplomatik pada tahun 1958, kita telah memiliki sejarah kerja sama yang panjang. Kita saling mengakui negara kita sebagai rekan strategis yang sama-sama percaya pada nilai-nilai fundamental, seperti demokrasi dan kebebasan,” ujarnya.

Kanasugi, yang ditugaskan di Indonesia sejak Januari tahun lalu, menambahkan bahwa hubungan erat dengan Indonesia menjadi satu alasan yang menguatkan Jepang untuk mendukung Indonesia dalam Presidensi G20 tahun ini.

Dia mengatakan bahwa tema Presidensi G20 Indonesia, “Recover Together, Recover Stronger” (Pulih Bersama, Bangkit Perkasa), amat tepat sebagai satu usaha menyatukan dunia yang saat ini menghadapi bermacam tantangan.

“Saya pikir ‘Recover Together, Recover Stronger’ adalah tema yang amat tepat dan relevan karena saat ini dunia telah terpolarisasi akibat pandemi dan juga konflik Ukraina,” kata Kanasugi.

Ia juga menegaskan bahwa selain mendatangkan keuntungan ekonomi, sektor pariwisata--sebagai satu sektor industri yang diandalkan kedua negara--akan memperkuat pemahaman di antara masyarakat Indonesia dan Jepang.

“Warga Indonesia yang datang (ke Jepang) dan bergaul dengan komunitas lokal (akan membuat kedua komunitas) menjadi saling kenal, dan ini akan menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi kedua negara kita,” kata dia.

Mengakui sektor pariwisata sebagai sektor penting bagi ekonomi kedua negara, dia berharap wisatawan Indonesia dapat kembali berkunjung ke Jepang, begitu pula sebaliknya, setelah pandemi COVID-19 berakhir.

Kanasugi juga memuji pemuda Indonesia yang energetik dan aktif di tengah masyarakat, seraya mengakui dirinya terkesan dengan pengetahuan masyarakat Indonesia yang mendalam tentang kebudayaan dan boga Jepang.

Baca juga: Dubes Jepang: G20 momen melampaui dikotomi negara maju dan berkembang
Baca juga: Dubes tegaskan peran aktif Indonesia dalam Water Summit di Jepang


Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022