Surabaya (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Jawa Timur mencatat terdapat sebanyak 835 kecelakaan selama masa arus mudik dan balik Lebaran 2022.

"Jumlah tersebut berdasar data analisa dan evaluasi Polda Jatim," ujar Dirlantas Polda Jatim Komisaris Besar Polisi Latif Usman usai pelaksanaan analisa dan evaluasi Operasi Ketupat Semeru 2022 di Surabaya, Rabu.

Dari sebanyak 835 kecelakaan tahun ini, tercatat ada 57 korban meninggal dunia, 56 luka berat, 1.221 luka berat dan kerugian diperkirakan mencapai ratusan miliar.

Lebih lanjut, kendaraan terbanyak yang terlibat kecelakaan lalu lintas masih didominasi sepeda motor, yakni ada sebanyak 1.153 sepeda motor.

Baca juga: Mudik Lebaran 2022, angka kecelakaan turun drastis

Kemudian, sebanyak 165 mobil penumpang, 64 mobil barang, 16 bus dan 32 nonkendaraan bermotor.

"Laka lantas terjadi paling tinggi pada saat arus mudik H-2 Idul Fitri dan pada saat masyarakat beraktivitas atau berlibur pascahari raya atau H+3," ujar perwira menengah dengan tiga melati emas tersebut.

Untuk kejadian kecelakaan lalu lintas paling banyak terjadi di wilayah Polresta Sidoarjo, yakni sebanyak 69 kecelakaan dengan dua korban meninggal dunia, empat luka berat dan 84 luka ringan. Untuk kerugian materiil mencapai Rp17 miliar lebih.

Sedangkan, kecelakaan lalu lintas paling sedikit terjadi di wilayah Polres Pelabuhan Tanjung Perak, yaitu tercatat sebanyak empat kecelakaan lalu lintas.

Baca juga: Arus mudik dan balik di Pantura Kudus lancar dan nihil kecelakaan

“Ada sebanyak satu korban meninggal dunia, satu luka berat dan lima luka ringan. Kerugian materiilnya Rp7,5 juta," ucap dia.

Sementara itu, kepolisian menyebut tidak ada hambatan berarti saat pelaksanaan arus mudik dan balik di wilayah setempat pada Lebaran 2022.

"Alhamdulillah berjalan lancar. Memang terjadi kepadatan di beberapa titik tapi dalam saktu singkat terselesaikan," katanya.

Kombes Latif menyebut arus mudik dan balik pada tahun ini terbilang lancar karena adanya tol Jakarta-Surabaya yang dapat dinikmati pemudik.

Baca juga: Operasi Ketupat 2022 di Jambi angka kecelakaan turun hingga 50 persen

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022