Manokwari (ANTARA) - Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menyatakan tidak akan menghadiri acara pelantikan Penjabat Gubernur Papua Barat pada Kamis (12/5) di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta.

Ditemui awak media di Manokwari, Rabu malam, Dominggus mengaku baru menerima surat undangan pelantikan Penjabat Gubernur Papua Barat pada Rabu siang.

Saat surat undangan dari Kemendagri itu tiba di Rumah Dinas Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan sudah pergi menghadiri acara Peresmian Masjid Prafi dan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Bupati Manokwari Selatan.

Baca juga: Mendagri akan lantik lima penjabat gubernur pada 12 Mei 2022

"Undangan diterima sudah siang hari dan sudah keluar dari rumah, sementara saya sudah diagendakan bertemu dengan masyarakat," jelasnya.

Dominggus Mandacan yang akan mengakhiri masa jabatannya pada Kamis (12/5) bersama Wagub Mohamad Lakotani enggan menggunakan penerbangan dari Manokwari ke Jakarta pada Kamis (12/5) pagi untuk menghadiri acara di Kemendagri tersebut.

Pasalnya, pesawat rute Manokwari-Jakarta tiba pada siang hari di Jakarta, sementara proses pelantikan Penjabat Gubernur Papua Barat akan berlangsung pada Kamis (12/5) pagi.

Baca juga: Ridwan Kamil usulkan tiga nama penjabat kepala daerah
Baca juga: Pengamat: Libatkan anggota DPRD dalam pemilihan penjabat kepala daerah


"Kalau berangkat beesok pagi menggunakan Batik Air pukul 09.00 pagi WIT dari Manokwari, tiba di Jakarta pukul 13.00 WIB, sementara acara di Kemendagri pukul 09.00 WIB," ujar mantan Bupati Manokwari dua periode itu.

Meski tidak dapat menghadiri acara pelantikan Penjabat Gubernur Papua Barat, menurutnya, Wagub Mohamad Lakotani bersama Sekda Papua Barat Nathaniel Mandacan yang saat ini berada di Jakarta dipastikan akan menghadiri acara tersebut.

Dominggus mengatakan dirinya akan menjemput Penjabat Gubernur Papua Barat saat datang ke Manokwari beberapa hari ke depan setelah secara resmi dilantik di Jakarta.
 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022